Bila direnovasi dengan baik, deretan ruko tua dengan ornamen arsitekturnya yang khas seperti di kawasan kota tua Padang ini bisa menjadi perkantoran yang menarik. medcom.id/Alex Rajes
Bila direnovasi dengan baik, deretan ruko tua dengan ornamen arsitekturnya yang khas seperti di kawasan kota tua Padang ini bisa menjadi perkantoran yang menarik. medcom.id/Alex Rajes

Berkantor di ruko? Mengapa tidak

Properti perkantoran
Rizkie Fauzian • 03 Mei 2018 14:00
Jakarta: Bermunculannya wirausahawan baru bidang jasa dan IT memunculkan trend baru di bisnis perkantoran. Rumah toko yang awalnya dibangun sebagai tempat tinggal merangkap tempat usaha itu, berubah penggunaannya menjadi kantor.
 
Perubahan ini karena para pengusaha yang mayoritas masih kelas menengah tersebut ingin lebih menghemat pengeluaran. Biasa sewa ruang kantor di gedung-gedung perkantoran di tengah kota sudah terlalu tinggi bagi mereka.
 
Walau ruko dengan harga 'masuk akal' banyak di pinggiran kota, hal tersebut bukan masalah. Terus tumbuh dan berkembangnya kegiatan ekonomi di kawasan pemukiman pinggiran kota, justru membuatnya lebih menarik. Di sisi lain berkat IT yang memunculkan trend bekerja mobile, berkantor di tengah kota bukan lagi keharusan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila berminat berkantor di ruko terjangkau di pinggiran kota, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan;
 
Di perumahan
 
Paling utama adalah pilih ruko di perumahan yang sudah jadi dan ramai penghuninya. Tujuan agar semakin cepat pula usaha bisa segera mulai dijalankan.
 
Bila penghuni perumahan dan sekitarnya adalah pangsa pasar utama, maka memilik ruko di lokasi demikian lebih mendekatkan diri kepada konsumen. Sarana fasilitas umum dan sosial di dalam komplek perumahan yang relatif lengkap dan murah, juga akan sangat membantu.
 
Dekat jalan utama
 
Setidaknya tidak terlalu jauh jalan utama. Terutama jalan utama yang dilalui oleh kendaraan umum dan mudah diakses dari berbagai penjuru. Tujuannya agar tempat usaha lebih mudah ditemukan yang artinya jangkauan pasar pun meluas.
 
Anda juga bisa membeli atau menyewa unit ruko yang berada di jalan utama, perhatikan apakah jalan tersebut banyak dilalui oleh kendaraan baik pribadi atau angkutan umum, apakah mudah diakses dari berbagai penjuru atau tidak.
 
Berkantor di ruko? Mengapa tidak
Pembongkan komplek ruko yang baru selesai dibangun di Surabaya karena menyalahi IMB. Antara Foto
 
Keamanan
 
Faktor keamanan lingkungan memang sangat relatif dan kasuistik. Tapi setidaknya pastikan bahwa di kompleks ruko tersebut ada patroli keamanan yang rutin dan akses ke kepolisian, rumah sakit dan pemadam kebaran tidak terlalu sulit. Maka survey lokasi dan bertanya kepada warga sekitar ruko sangat penting.
 
Bandingkan harga
 
Harga properti memang terhitung 'gelap' karena tidak ada patokan yang pasti. Terlebih bila membeli ruko bekas pakai yang harga lebih sering ditetapkan oleh pemilik sebelumnya yang jual mahal. Bandingkan dengan harga ruko lain di kawasan yang sama.
 
Legalitas
 
Urusan legalitas adalah hal paling penting diperhatikan baik membeli atau menyewa. Jangan sampai di saat sudah melakukan renovasi dan penataan interior yang memakan biaya besar, tiba-tiba ada yang menggugat bahkan harus digusur.
 

 

(LHE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif