Wali Kota Bandung dan perwakilan Kementerian PUPR. Foto: Antara
Wali Kota Bandung dan perwakilan Kementerian PUPR. Foto: Antara

Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Bandung Bakal Tinggal di Rusun Cisaranten

Antara • 08 Agustus 2022 18:57
Bandung: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memanfaatkan lahan sekitar 3,2 hektar di kawasan Cisaranten, Kota Bandung, Jawa Barat, untuk dibangun rumah susun (rusun).
 
Rusun yang bakal dinamakan Rusun Cisaranten Bina Harapan bakal menghadirkan 1.900 unit dengan sasaran Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).
 
"Mungkin tahap pertama bisa terisi di 2025," kata Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Haryo Bekti Martoyoedo di Balai Kota Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 8 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Haryo, pembangunan rusun tersebut direncanakan rampung dalam waktu dua tahun. Adapun pembangunan rusun itu rencananya dimulai pada 2023.
 
Baca juga: Rusun Senilai Rp21,1 Miliar Tampung 252 Pekerja KEK Tanjung Lesung

Menurut dia, Rusun Cisaranten Bina Harapan nantinya diperuntukkan bagi masyarakat dengan penghasilan di bawah Rp4 juta. Targetnya, Rusun Cisaranten Bina Harapan bisa terisi penuh pada 2029.
 
Sementara itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan pun turut bekerjasama dalam pembangunan rusun tersebut. Dia pun memperkirakan pembangunan Rusun Cisaranten Bina Harapan bisa dimulai pada Maret 2023.
 
Adapun Kota Bandung jadi kota pertama atau pilot project untuk Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam pembangunan Rusun Cisaranten Bina Harapan.
 
"Mudah-mudahan dalam waktu dekat hal teknis dibicarakan, dan rasanya relatif tidak ada hal yang jadi hambatan. Sehingga Insya Allah kalau lancar, Maret atau April 2023 ground breaking selesai," ujar Yana.
 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif