Uang muka masih jadi kendala pembelian rumah. (Foto: Shutterstock)
Uang muka masih jadi kendala pembelian rumah. (Foto: Shutterstock)

Cicilan DP Rumah Paling Dinanti Konsumen

Properti bisnis properti kpr Properti milenial
Rizkie Fauzian • 24 September 2019 12:42
Jakarta: Pemerintah memberikan sejumlah insentif di sektor properti seperti subsidi bantuan uang muka, penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) rumah sederhana hingga hunian mewah. Bank Indonesia juga melonggarkan uang muka untuk pembelian rumah.
 
"Sebenarnya yang dibutuhkan konsumer itu kemudahan pembayaran, misalnya bunga lima persen tapi bisa dicicil sampai 12 atau 24 kali. Karena metode ini yang sangat berpengaruh ke pembelian konsumen," kata Country Manager Rumah.com Marine Novita di Indonesia International Properti Expo (IIPEX) 2019.
 
Menurutnya, selama ini kendala masyarakat dalam membeli hunian masih pada besaran uang muka. Sehingga metode pembayaran yang mudah tentu mendorong masyarakat membeli rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hunian Paling Diburu
 
Para pemburu rumah nampaknya masih memilih landed house sebagai tempat tinggal. Sementara harga rumah yang paling banyak dicari di bawah Rp500 juta.
 
Berdasarkan data Rumah.com property Index, sebanyak 62 persen masyarakat masih banyak membeli rumah di bawah Rp500 juta. Sebanyak 17 persen berniat membeli rumah di harga Rp600 juta hingga Rp750 juta.
 
"Paling banyak rumah yang dibawah Rp1 miliar. Di bawah Rp500 juta banyak," ungkap Marine.
 
Dari segi usia, para pencari hunian paling banyak berusia 30 hingga 39 tahun dengan komposisi 33 persen. Dari rentang usia 21-29 atau yang disebut generasi milenial sebanyak 32 persen.
 
"Kalangan milenial menjadi responden yang paling antusias membeli rumah dalam enam bulan ke depan," jelasnya.
 
Untuk lokasi, kawasan di luar Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang Selatan dan Bekasi masih menjadi pilihan pencari rumah. Mencari hunian landed house di kawasan Jakarta dinilai sulit.
 
"Lokasi masih di Jakarta dan sekitarnya, tapi kalau landed house di Jakarta sedikit susah," ujar Marine.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif