Generasi milenial banyak yang memilih sewa daripada membeli rumah sendiri. (Foto: Shutterstock)
Generasi milenial banyak yang memilih sewa daripada membeli rumah sendiri. (Foto: Shutterstock)

Generasi Milenial, Pilih Sewa atau Beli Rumah?

Properti bisnis properti Properti milenial
Rizkie Fauzian • 31 Mei 2019 10:08
Jakarta: Generasi milenial sangat antusias untuk membeli rumah dalam enam bulan ke depan. Preferensinya adalah hunian dengan kisaran harga menengah dan dekat dengan transportasi umum.
 
Berdasarkan hasil riset Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1 2019, sebanyak 24 persen responden masih tinggal dengan orang tua, di mana 82 persen di antaranya mempunyai rencana untuk keluar dari rumah orang tua.
 
"Responden dengan usia 28-30 tahun yang paling banyak memiliki rencana untuk mulai tinggal sendiri, 25 persen di antaranya memilih untuk mengontrak daripada membeli rumah sendiri," kata Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan dalam keterangan tertulis, 30 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari total generasi milenial yang menjadi responden, sebagian besar sudah tinggal sendiri. Jika dilihat dari usianya, mereka yang sudah tinggal sendiri paling banyak mulai keluar dari rumah pada usia 31-34 tahun, sementara mereka yang masih tinggal bersama orang tua saat ini paling banyak berencana membeli rumah sendiri pada usia 28-30 tahun.
 
"Sehingga dapat disimpulkan pula bahwa milenial muda punya keinginan untuk keluar rumah lebih cepat dibandingkan milenial tua," jelasnya.
 
Riset juga menunjukkan, pencari rumah pertama baru berniat punya rumah sendiri setelah menikah. Itulah sebabnya, rencana beli rumah berada pada rentang usia akhir 20an. Sementara pencari rumah pertama fokus pada rumah untuk keluarga kecil tanpa atau dengan satu anak.
 
"Strategi generasi milenial dalam mengumpulkan uang untuk membeli rumah adalah menabung seadanya, secara rutin hingga memiliki lebih dari satu pekerjaan demi mewujudkan rencana mereka tersebut," jelasnya.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif