Pesona <i>Eiffel van China</i>
Manakah dari dua foto ini Menara Eiffel yang asli? amusingplanet.com/Fran├žois Prost
angzhou: Bila biaya bulan madu ke Paris terlalu tinggi, mungkin Anda bisa pertimbangkan Tainducheng sebagai alternatif yang lebih terjangkau. Setidaknya di kota baru di Hangzhou, Tiongkok, ini Anda juga bisa swafoto dengan latar Menara Eiffel yang ikonik.  

Bukan hanya menara yang dibangun, tapi juga kawasan perbelanjaan City of Lights sekitarnya menara besi baja landmark Prancis tersebut. Singkat kata Tainducheng adalah Eiffel van China.




Seperti dilansir Amusing Planet, kawasan mewah Tainducheng  dibuka pada 2007 di atas lahan seluas 31 kilometer persegi. Bangunan tengah di komplek perumahan tersebut dilengkapi replika Menara Eiffel. Tapi tingginya sekitar 100 meter, hanya sepertiga dari tinggi Eiffel asli.

Lingkungan di sekitar 'Eiffel' dibangun semirip mungkin dengan aslinya. Lengkap dengan jalan raya, deretan apartemen tradisional, patung-patung bergaya klasik hingga lampu-lampu jalanan. Cukup sulit membedakannya bila tidak ada neonsign toko dengan aksara Tiongkok.



Meski disukai penduduk lokal, nyatanya proyek ini pernah sepi. Ketika dibuka, pihak pengembang gagal menemukan pembeli untuk rumah-rumah di kawasan mewah tersebut. Tapi hingga akhir tahun lalu, populasinya telah mencapai 30 ribu jiwa.



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id