Pelaku industri optimistis bisnis properti membaik tahun depan. Foto: Shutterstock
Pelaku industri optimistis bisnis properti membaik tahun depan. Foto: Shutterstock

Prospek Properti 2022, Sektor Mana yang Paling Tumbuh?

Rizkie Fauzian • 24 Desember 2021 10:59
Jakarta: Para pelaku industri properti di Tanah Air mengaku optimistis dengan perekonomian nasional 2022. Tak hanya itu, sektor properti juga diprediksi akan tumbuh positif.
 
Knight Frank Indonesia melakukan survei "Property Outlook 2022" untuk mengetahui pandangan umum terkait performa sektor properti pada 2022. Survei merangkum proyeksi pasar dari para pelaku industri properti di Indonesia.
 
Dari hasil survei tercatat 63 persen responden yang menyatakan optimis bahwa kondisi perekonomian nasional akan membaik di 2022, demikian juga sektor properti yang diprediksi akan tumbuh lebih positif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk subsektor properti, seperti industri dan logistik memiliki proyeksi paling positif, dimana 42 persen responden mengatakan akan mengalami perbaikan yang kuat dan 47 persen akan membaik secara perlahan.
 
Sektor ritel juga disikapi akan rebound perlahan dengan capaian suara terbanyak, 57 persen dari total responden, diikuti dengan sektor residensial sebanyak 54 persen di urutan kedua. 
 
Namun, di tengah optimisme tersebut sektor perkantoran diprediksikan masih akan hadapi beberapa tantangan dengan pertumbuhan yang terbilang masih stagnan diungkapkan oleh 50 persen responden.
 
Sedangkan sektor residensial dan industri & logistik diprediksi akan meraih pencapaian terbaik dimana masing-masing meraih suara sebesar 57 persen dan 54 persen dari total responden.
 
Sementara itu, survei juga mengungkapkan beberapa tren peluang yang akan mewarnai adaptasi strategi bisnis di sektor properti tahun depan.
 
Di antaranya ekspansi data center, transformasi digital, sektor kreatif & inovasi, logistik
& fulfillment center, preferensi rumah tapak yang masih menjadi favorit, dan dukungan sistem pembayaran properti.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif