Anies-Sandi Belum Sepaham Proyek Rumah DP 0 Rupiah?

M Sholahadhin Azhar 01 Maret 2018 16:08 WIB
hunian dp 0%
Anies-Sandi Belum Sepaham Proyek Rumah DP 0 Rupiah?
Contoh hunian DP 0 Rupiah/ANT/Dhemas Reviyanto
Jakarta:Anggota Komisi D DPRD DKI Pantas Nainggolan menegaskan belum ada kesepakatan soal rumah DP 0 rupiah di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Ketidakselaraan tak hanya terjadi antara Pemprov dengan DPRD, tapi juga Gubernur DKI Anies Baswedan dengan Wagub Sandiaga Uno.

"Itu tandanya belum ada pemahaman yang sama. Jangankan antara pemerintah dan DPRD, antar Gubernur-Wakil Gubernur saja belum sama," tegas Pantas kepada Medcom.id, Kamis, 1 Maret 2018.


Baca: Warga Pasrah Jika tak Kebagian Rumah DP Rp0

Anies menyebut Pemprov DKI Jakarta tidak berkaitan dengan proyek rumah petak DP O Rupiah di Rorotan. Sementara oleh Wagub Sandiaga sempat dinyatakan akan me-launching proyek yang menjadi janji kampanye tersebut.

Pantas menilai pemprov belum punya konsep matang tentang rumah DP 0 rupiah. Dari segi perbankan, tidak mungkin ada down payment 0 persen dengan harga murah. Belum lagi permasalahan soal penjualan tanah.

"Pemerintah kan enggak mungkin menjual tanah. Sementara kalau rumah DP 0 persen itu kan hak milik, jadi enggak sinkron," imbuh Pantas.

Baca: Hunian Dp Rp0 di Rorotan bukan Program DKI

Ia menyatakan tak pernah digandeng Pemprov DKI terkait hal tersebut. Pantas mempertanyakan niat baik Anies-Sandi dalam membangun Jakarta. Apalagi, Pemprov DKI dan DPRD seharusnya berjalan beriringan.

"DPRD belum pernah menerima paparan konsep pemerintah mengenai DP 0 persen. Lah kita kan bagian pemerintahan," keluh Pantas.

Namun, peluncuran rumah tetap berjalan pada 28 Februari 2018, tanpa pendampingan Pemprov DKI.

 



(OJE)