Selama penerapan PSBB pengunjung mal di Jakarta sepi. Foto: MI/Susanto
Selama penerapan PSBB pengunjung mal di Jakarta sepi. Foto: MI/Susanto

Pengunjung Mal Sepi, Banyak Penyewa Minta Diskon

Properti ritel bisnis properti Pusat Perbelanjaan
Rizkie Fauzian • 17 September 2020 22:35
Jakarta: Penyerapan ruang sewa di pusat perbelanjaan Jakarta mengalami penurunan akibat pandemi virus korona. Penurunan terjadi karena jumlah pengunjung mal sepi.
 
Director Research Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus mengatakan penyerapan ruang sewa di mal sepanjang semester I turun 77 persen bila dibandingkan dengan semester sebelumnya.
 
"Tahun lalu penyerapan ruang sewa di mal sebenarnya sudah mengalami rebound yang signifikan.Tetapi karena pandemi turun sangat dalam," katanya dalam Media Briefing, Kamis, 17 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Anton, menurunnya penyerapan ruang sewa tersebut sudah tertolong dengan munculnya ruang sewa baru di sepanjang semester I, meskipun terbatas. Tingkat hunian atau keterisian di mal saat ini 90 persen.
 
"Tingkat kekosongan di mal berada di 10 persen. Kita perkirakan permintaan di pusat perbelanjaan mulai membaik bila kondisi saat ini (korona) juga membaik," ungkapnya.
 
Tak hanya penyerapan ruang, harga sewa juga mengalami tekanan selama pandemi. Oleh karena itu, banyak tenant yang meminta insentif kepada landlord selama PSBB berupa diskon harga sewa.
 
"Karena pengunjung juga yang datang ke mal minim. Jadi tenant minta diskon atau potongan harga. Kondisi seperti ini akan berlanjut sampai akhir tahun" ujar Anto
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif