Mayoritas masyarakat pilih beli daripada bangun rumah sendiri. Foto: Shutterstock
Mayoritas masyarakat pilih beli daripada bangun rumah sendiri. Foto: Shutterstock

Survei: Masyarakat Lebih Tertarik Beli Rumah dengan KPR Syariah Daripada Konvesional

Properti Tips beli rumah Bangun rumah dengan jasa kontraktor Bangun rumah dengan jasa tukang
Rizkie Fauzian • 30 April 2022 22:00
Jakarta: Survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2022 mencatat mayoritas masyarakat memilih untuk membeli rumah jadi, daripada membangunnya sendiri. 
 
Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, masyarakat yang membangun rumah sendiri memilih menggunakan jasa arsitek profesional, sisanya membangun secara mandiri tanpa jasa arsitek. 
 
"Sementara 56 persen responden akan membuat desain asli sendiri dan 44 persen responden akan menggunakan desain yang sudah ada," jelasnya dalam laporan, dikutip Jumat, 30 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan 58 persen responden akan menggunakan perusahaan konstruksi dan 42 persen responden akan membeli bahan bangunannya sendiri. Responden yang ingin membangun rumah sendiri terbagi ke dalam tiga kategori.
 
Pertama serius membangun ada 16 persen, responden punya keinginan untuk membangun ada 60 persen responden, dan bermimpi untuk membangun sejumlah 24 persen responden
 
"Masyarakat yang tergolong serius adalah mereka yang lebih suka membangun daripada membeli rumah jadi, sudah tahu dari mana sumber dana pembiayaan untuk membangun rumah, membangun mandiri tanpa jasa arsitek dan kontraktor, memiliki desain asli sendiri dan membeli bahan bangunan sendiri," katanya.
 
Marine menambahkan dengan temuan seputar preferensi dalam pembiayaan. Dari tahun ke tahun, Rumah.com menemukan bahwa preferensi atau ketertarikan terhadap pembiayaan syariah lebih tinggi dibanding Kredit Pemilikan Rumah (KPR) konvensional. 
 
Sebanyak 27 persen responden lebih tertarik menggunakan pembiayaan syariah dibanding 21 persenyang ingin menggunakan KPR konvensional. Sementara itu, sebanyak 34 persen berharap bisa membeli rumah secara tunai. 
 
"Yang menarik, alasan ketertarikan terhadap pembiayaan syariah adalah karena besar cicilannya yang lebih pasti, hal ini diutarakan 66 persen, sementara alasan keagamaan sebesar 63 persen," jelasnya.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif