Pemerintah Kota Kupang membangun 249 unit rumah bagi warga tidak mampu. Foto: Antara
Pemerintah Kota Kupang membangun 249 unit rumah bagi warga tidak mampu. Foto: Antara

249 Rumah Dibangun untuk Warga Tidak Mampu di Kupang

Properti Bedah Rumah Program Sejuta Rumah Kementerian PUPR Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)
Antara • 13 Mei 2022 19:56
Kupang: Pemerintah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur membangun 249 unit rumah melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi warga tidak mampu.
 
"Pada 2022 ini pemerintah Kota Kupang membangun 249 unit rumah. Pemerintah sudah melakukan sosialisasi penyaluran bantuan," kata Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore di Kupang, Jumat, 13 Maei 2022.
 
Ia mengatakan rumah yang dibangun dengan dukungan gabungan dana alokasi khusus pemerintah pusat dengan APBD Kota Kupang itu akan dibangun di delapan kelurahan di Kota Kupang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Delapan kelurahan itu yakni Kelurahan Penfui 25 unit, Kelurahan Oebobo 20 unit, Kelurahan Kuanino 15 unit, Kelurahan Airnona 32 unit, Kelurahan Oesapa 40 unit, Kelurahan Lasiana 30 unit, Kelurahan Pasir Panjang medapat 17 unit dan Kelurahan Alak 70 unit.
 
Menurutnya dalam program ini pemerintah tidak hanya sekedar membangun rumah, namun juga melengkapi rumah-rumah itu dengan sejumlah perabot rumah tangga seperti kursi, meja dan tempat tidur serta kasur.
 
Dia mengatakan jumlah bantuan rumah swadaya untuk wilayah Kelurahan Alak jauh lebih banyak dari kelurahan lain karena Pemkot Kupang menilai kelurahan tersebut membutuhkan perhatian lebih karena wilayahnya yang luas dan jumlah penduduknya yang padat.
 
Diakuinya program bantuan stimulan penyedia rumah swadaya ini memiliki syarat yang lebih berat salah satunya adalah penerima wajib memiliki dasar hak rumah.
 
Menurut Wali Kota Jefri Riwu Kore masih banyak warga di ibu kota Provinsi NTT yang masih tinggal atau menumpang pada tanah milik orang.
 
Ia berharap proses pembangunan 249 unit rumah itu sudah selesai dibangun pada Desember 2022 mendatang.
 
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Kupang, Cornelis Beni Sain menyebutkan program bantuan stimulan penyedia rumah swadaya ini sudah berlangsung sejak 2018 lalu. Hingga 2022 rumah yang telah dibangun melalui bantuan program tersebut mencapai 762 unit.
 
Ia mengatakan apabila ditambah dengan program bedah rumah yang didanai APBD Kota Kupang maka total rumah yang dibangun untuk warga tidak mampu sudah mencapai 1.043 unit.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif