GWK Digusur Patung India
Melalui akun Instagram-nya, PM India Narenda Modi mengumumkan selesainya pembangunan patung Sardar Vallabhbhai Patel.
Gujarat:India memiliki sebuah monumen baru di Gujarat. Patung perunggu tersebut menggusur Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang tingginya 121 meter dari ranking tiga tertinggi di atas bumi.

Patung setinggi 182 meter itu dinobatkan yang tertinggi. Dimensinya dua kali lipat dari Patung Liberty yang berada di New York, Amerika Serikat.


The Statue of Unity adalah hasil kerjasama pematung Ram V Sutar dengan firma arsitektur Michael Graves. Patung tersebut merupakan sebuah menomen penghormatan bagi salah satu bapak bangsa India yang lahir di Gujarat, Sardar Vallabhbhai Patel.

Patung dibuat dari potongan logam yang dikumpulkan dari seluruh negeri dan dilapisi perunggu. Seperti dikutip dari dezeen proses pembuatan patung memerlukan waktu hingga empat tahun.

Setidaknya butuh 210 ribu meter kubik semen, 25 ribu ton baja dan 1.700 ton perunggu untuk membuat strukturnya. Biaya pembangunannya mencapai Rupee 29,9 miliar atau sekitar Rp 6,1 triliun.

Patung tersebut dilengkapi dengan lift yang mampu mengangkut hingga 15 ribu wisatawan setiap harinya. Obyek wisata patung ini secara resmi dibuka pada Sabtu (3/11/2018).

Terdapat dua inti beton bertulang yang menjadi pusat bangunan patung. Selain itu, dua damper setinggi dada dipasang untuk mengontrol goyangan angin dan melindungi patung dari gempa bumi.

Tak hanya patung, area tersebut memiliki kompleks yang mencakup sebuah ruang pameran yang berada di dasar patung. Kompleks tersebut memiliki atap dijadikan taman.

 



(LHE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id