Jaka Budi Santosa Dewan Redaksi Media Group.
Jaka Budi Santosa Dewan Redaksi Media Group. (Jaka Budi Santosa)

Jaka Budi Santosa

Jaka Budi Santosa

Standar Ganda Barat

Pilar ukraina israel palestina rusia Rusia-Ukraina Israel Serang Gaza Israel Serang Suriah Perang Rusia-Ukraina
Jaka Budi Santosa • 08 Maret 2022 05:59
NAMANYA Richard Boyd Barrett. Dia politikus Irlandia berusia 55 tahun. Dia baru saja menohok dunia dengan mengecam keras standar ganda negara-negara Barat dalam menyikapi invasi Rusia ke Ukraina.
 
Disebut standar ganda karena negara-negara tersebut menunjukkan wajah berbeda ketika menyikapi tindakan yang sama dilakukan Israel terhadap Palestina. Barrett menumpahkan kritik pedasnya itu saat berbicara di Gedung Senat Irlandia dan diunggah di akun Twitter @RBoydBarrett. Dengan berapi-api, Barrett menguliti watak negaranya, juga negara-negara Barat, yang bermuka dua.
 
Dia sepakat invasi Rusia ke Ukraina mulai 24 Februari 2022 layak dikecam. Apa pun penyebabnya, tindakan itu tak bisa diterima. Apa pun dalihnya, perang merupakan musuh kemanusiaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Pemerintah langsung bergerak dalam waktu lima hari untuk menjatuhkan sanksi kepada Putin dan melakukan tindakan mendesak serta penggunaan bahasa yang kuat dan memang sepantasnya untuk Putin, dengan menyebutnya barbar, penjahat, pembunuh, penghasut perang, semua itu benar," kata Barrett. Namun, pernyataan itu belum selesai. Belum titik. Barrett menambahkan semua keburukan yang dilakukan Putin sebenarnya sudah dilakukan Zionis Israel sejak tujuh dekade lalu. Sejak 70 tahun silam. Barrett yang anggota Partai People Before Profit lantas membeberkan kebiadaban Israel.
 
Menurut dia, Israel didirikan dengan dilandaskan pada sistem penindasan, apartheid, dan rasialisme. Sistem itu melibatkan pendudukan dan pembunuhan sipil, penangkapan, pencaplokan tanah, pengusiran, dan pengabaian hak-hak mendasar enam juta warga Palestina.
 
Komplet. Dari dulu, puluhan tahun yang lalu, sampai sekarang. Barrett meminta pemerintah Irlandia dan Barat bersikap sama kepada Israel. Sama-sama mengecam, sama-sama menimpakan hukuman.
 
Dia mempertanyakan standar moral yang digunakan Barat yang superkilat menjatuhkan sanksi kepada Rusia, tetapi tutup mata terhadap Israel. Negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat tentu saja, memang luar biasa cepat menghukum Rusia.

 
Read All

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif