Ilustrasi kuliah. Medcom
Ilustrasi kuliah. Medcom

Catat! Ini yang Harus Kamu Rencanakan Sebelum Masuk Kuliah

Ilham Pratama Putra • 05 Desember 2022 13:30
Jakarta: Sobat Medcom yang akan masuk ke dunia perkuliahan mesti memiliki rencana matang. Paling penting dan utama ialah carilah tujuan kuat alasan ingin melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah.
 
"Dengan tujuan yang jelas, maka kamu sudah mulai bisa memprioritaskan berbagai kebutuhan yang menyangkut tentang dunia perkuliahan," dikutip dari akun Instagram @bp3_kemdikbud, dikutip Senin, 5 Desember 202w.
 
Tidak ada kata terlalu cepat mempersiapkan perkuliahan meskipun kamu masih SMP. Namun, tak ada kata terlambat merencanakan kuliah meskipun kamu sudah kelas 12 SMA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Merencanakan kuliah memang harus dipersiapkan matang. Hal ini untuk membantu kalian mengenali bakat dan minat yang sesuai dengan jurusan atau program studi pilihan di perguruan tinggi.
 
Selanjutnya, persiapkan dirimu sendiri dan kenali bakat minatmu. Mengenali bakat dan minat yang sesuai dengan jurusan atau program studi sudah harus dikenali jauh sebelum menjadi mahasiswa.
 
Hal-hal yang berbau finansial juga harus dipikirkan. Meskipun, banyak program bantuan dari Kemendikbudristek, salah satunya KIP Kuliah Merdeka.
 
Selanjutnya, ingat, kuliah tidak hanya menyandang gelar saja. Ada yang lebih penting dari itu, yaitu proses.
 
Selama berproses di bangku kuliah, kalian pasti akan menambah jejaring relasi. Sehingga pengalaman yang tak ternilai dan masih banyak hal positif lainnya yang bisa dimanfaatkan.
 
Baca juga: Lulus Tepat Waktu dan Nilai Memuaskan, Ini Tips Raih Sukses di Perguruan Tinggi

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif