Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

7 Tips Menjadi Pribadi yang Ambisius

Pendidikan kesehatan mental Pendidikan Karakter Tips Pendidikan
Medcom • 30 Desember 2021 16:04
Jakarta: Banyak seseorang yang merasa bahwa sudah terlalu lama untuk berleha-leha dan ingin merubah pola buruk tersebut menjadi seseorang yang ambisius, namun bingung harus dimulai darimana.
 
Orang ambis, sebutan bagi mereka yang ambisius, merupakan orang yang memiliki tekad yang besar untuk maju, dan tidak tersaingi, serta terus berkembang dan sukses nantinya. Kebanyakan orang ambis memiliki tuntutan besar di dalam dirinya sehingga diharuskan untuk terus berjuang.
 
Dilansir dari akun Instagram @studynthusiast, Berikut ini 7 tips untuk memulai menjadi orang ambis:

1. Adanya keinginan kuat untuk maju

Orang ambis memiliki tuntutan yang besar dalam hidupnya sehingga mengharuskan mereka untuk terus kompetitif. Dengan begitu, bisa memperbaiki hidupnya.

2. Tanamkan diri kalau kita harus bisa menjadi yang nomor satu

Selalu menanamkan diri kita bagaimanapun caranya kita harus bisa menjadi yang terbaik. Dengan menjadi yang terbaik tentunya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Misalnya, belajar dengan sungguh-sungguh, atur jadwal sehingga bisa terstruktur dan nantinya bisa mencapai tujuan yang sesuai dengan harapan.

3. Bergaul dengan orang-orang yang rajin dan pintar

Hal ini bisa memotivasi diri sendiri agar bisa maju seperti teman pintar lainnya, banyak bergaul dengan orang disiplin, rajin dan pintar tentunya akan membawa diri ke arah yang positif dan takut untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Tips Menulis Jurnal dari Profesor Universitas Trunojoyo

4. Penuhi gadgetmu dengan hal yang berbau belajar

Gadget bisa membawa kamu ke hal yang positif atau negatif tergantung dari apa yang kamu install dan isi didalam hp. Kamu bisa ikuti grup-grup belajar di wa atau telegram untuk menambah rasa ambis dan bersaing.

5. Buat reward

Misalkan kamu sudah bisa menyelesaikan list/daftar materi yang akan dipelajari, maka bolehlah untuk memberi reward kepada diri sendiri, contoh boleh makan coklat, atau membeli barang yang disuka lainnya.

6. Evaluasi belajar

Di akhir setelah kamu belajar atau di weekend, kamu bisa evaluasi belajarmu. Seperti kamu bisa print soal sendiri atau ikut tryout lalu kamu kerjakan, hal tersebut untuk melihat sejauh mana perkembangan kamu.

7. Jangan begadang

Hal ini merupakan yang terpenting, ambis yang sehat itu tentu memiliki jadwal yang bagus dan tidak memaksakan tubuh. Buat tidurmu lebih baik, 7-8 jam adalah waktu yang cukup untuk tidur malam, agar kamu bisa menerima dan mencerna informasi dengan baik. 
 
Belajarmu tidak akan sia-sia, karena kalau kamu kurang tidur, kamu akan kesulitan fokus, dan akhirnya kamu menjadi sulit untuk belajar.
 
Bagaimana? Menarikkan untuk menjadi orang yang ambis, maka dari itu segera terapkan tips tersebut agar diri kamu dapat berkembang menjadi lebih baik ke depannya, selamat mencoba. (Taris Dwi Aryani)
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif