4 tingkat Pramuka (pramukajabar.or.id)
4 tingkat Pramuka (pramukajabar.or.id)

4 Tingkatan Pramuka Beserta Istilah Kepramukaannya

Muhammad Syahrul Ramadhan • 01 September 2022 16:43
Jakarta: Tahukah sobat Medcom kalau Pramuka ada tingkatannya? Terdapat empat tingkatan dalam Pramuka yang digolongkan berdasarkan usia.
 
Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang ada mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Pada jenjang sekolah dasar sampai menengah Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib, sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014.
 
Bagi sobat Medcom yang ingin mengikuti Pramuka di sekolah tentu harus mengetahui tingkatan dalam Pramuka. Simak penjelasan lengkap tingkatan Pramuka berikut seperti dirangkum Medcom.id dari berbagai sumber.

1. Siaga

Siaga merupakan tingkatan paling dasar dalam gerakan Pramuka. Pada tingkatan siaga anggotanya terdiri anggota Pramuka dengan rentang usia 7-10 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penamaan siaga ini diambil dari istilah yang merujuk pada perjuangan rakyat untuk mencapai kemerdekaan. Terdapat beberapa istilah pada tingkatan siaga, yaitu:

a. Barung

Barung adalah satuan terkecil dari Pramuka siaga. Dalam satu barung terdapat anggota tingkatan siaga sebanyak lima hingga sepuluh orang yang terdiri dari pemimpin dan anggota.

b. Perindukan

Kumpulan dari beberapa barung tersebut kemudian diberi nama perindukan. Perindukan terdiri dari tiga sampai empat barung.
 
Siaga memiliki tiga tingkatan Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang bisa diperoleh setelah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU). TKU tersebut ialah siaga mula, siaga bantu, dan siaga tata.
 
TKU tingkatan siaga berwarna hijau dan berbentuk sebuah janur. Ini disebut juga dengan istilah mancung, yaitu bunga pohon kelapa yang baru tumbuh.

c. Dwi Satya dan Dwi Dharma

Terdapat dua kode kehormatan dalam tingkatan siaga yakni, Dwi Satya dan Dwi Dharma.
 
Siaga memiliki tiga tingkatan Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang bisa diperoleh setelah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU). TKU tersebut ialah siaga mula, siaga bantu, dan siaga tata.
 
TKU tingkatan siaga berwarna hijau dan berbentuk sebuah janur. Ini disebut juga dengan istilah mancung, yaitu bunga pohon kelapa yang baru tumbuh.

2. Penggalang

Tingkatan berikutnya adalah penggalang yang terdiri dari anggota pramuka dengan rentang usia 11 sampai 15 tahun. Penggalang merupakan kiasan dari masa penggalangan perjuangan bangsa indonesia yaitu ketika peristiwa sumpah pemuda pada tahun 1928.
 
Berikut beberapa istilah dalam tingkat penggalang:

a. Regu

Regu merupakan satuan terkecil dalam tingkatan pramuka penggalang. Satu regu memiliki anggota sebanyak 5 sampai 10 orang.

b. Pasukan

Satuan beberapa regu disebut dengan pasukan. Dalam satu regu tersebut terdiri dari lima hingga sepuluh anggota pramuka penggalang. Satu pasukan terdiri dari 3 sampai 4 regu.

Nama regu penggalang

Untuk mengidentifikasi regu, regu penggalang mempunyai nama-nama yang diambil dari nama binatang untuk regu putra. Misalnya, elang, harimau, kobra, kalajengking, dan sebagainya.
 
Sedangkan untuk regu putri diambil dari nama bunga, semisal anggrek, anyelir, mawar, dan melati.
 
Penggalang memiliki tiga tingkatan TKU, yaitu penggalang ramu, penggalang rakit, dan penggalang terap. TKU penggalang berwarna merah dan terdapat gambar mayang terurai (bertangkai bunga kelapa tiga buah) yang berwarna putih.
 
4 Tingkatan Pramuka Beserta Istilah Kepramukaannya
(Tingkatan pramuka penggalang/ pramukacianjur.or.id)
 
 
Baca juga: Siswa, Ini 3 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah
 

3. Penegak

Tingkatan selanjutnya adalah penegak yang terdiri dari anggota pramuka dengan rentang usia 16 sampai 19 tahun. Penegak sendiri merupakan kiasan yang diangkat dari masa penegakan kemerdekaan Indonesia.

Istilah-istilah dalam tingkatan penegak

a. Sangga

Sangga merupakan satuan terkecil dalam tingkatan penegak. Sangga terdiri dari 6-8 orang penegak yang dipimpin oleh seorang penegak yang disebut pimpinan sangga.

b. Ambalan

Ambalan merupakan kumpulan beberapa sangga, yang dipimpin oleh seorang pimpinan sangga, bernama Pradana.
 
TKU tingkatan penegak terbagi menjadi dua, yaitu penegak bantara dan penegak laksana. TKU penegak berwarna hijau dengan gambar dua tunas kelapa dan bintang berwarna kuning.
 
4 Tingkatan Pramuka Beserta Istilah Kepramukaannya
(Tingkatan penegak /sman1sleman.sch.id)
 
Selain memiliki SKU, tingkatan penegak juga wajib memenuhi syarat lain dalam latihan. Syarat tersebut ialah Syarat Kecakapan Khusus (SKK).

4. Pandega

Selanjutnya ada Pandega di dalamnya berisi anggota Pramuka dengan rentang  21 -25 tahun. Pandega ini dapat ditemui di tingkat perguruan tinggi.
 
Pandega sendiri memiliki makna filosofis yang diambil dari masa perjuangan bangsa Indonesia. Di mana setelah Indonesia merdeka, selanjutnya dilanjutkan ke masa memandegani (mengelola).
 
Pembinaan pada tingkat ini dilakukan di gugus depan. Persatuan pandega dalam gugus depan disebut racana, di mana dalam strukturnya terdapat dewan rancana pandega.
 
Dalam tingkatan pandega, SKU dan SPG pandega menjadi standar nilai dan keterampilan yang harus dicapai anggota pramuka. Adapun SKK menjadi standar kompetensi pramuka berdasarkan peminatannya.
 
SKU pandega hanya memiliki satu tingkatan, yaitu pandega. TKU pandega berwarna merah dengan gambar dua buah tunas kelapa dan bintang berwarna emas.
 
(RUL)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif