Ilustrasi Pramuka. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi Pramuka. Foto: MI/Ramdani

Hari Pramuka ke-61

Siswa, Ini 3 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah

Citra Larasati • 14 Agustus 2022 11:23
Jakarta:  Pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pramuka. Tahun ini, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pramuka ke-61.
 
Hari Pramuka sendiri ditetapkan pertama kali pada 14 Agustus 1961 saat Gerakan Pramuka diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat luas dalam suatu upacara di halaman Istana Negara.  Gerakan Pramuka diresmikan melalui Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 yang kemudian diperbarui melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010.
 
Saat ini, pramuka menjadi salah kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi pelajar jenjang SMP. Dalam rangka memperingati Hari Pramuka, artikel ini ingin mengajak Sobat Medcom untuk memahami apa manfaat mengikuti ekstrakurikuler pramuka di sekolah. 

Berikut Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah:

1. Memahami Nilai-nilai Kepramukaan

Terdapat banyak sekali nilai-nilai luhur dalam kepramukaan seperti keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; kecintaan pada alam dan sesama manusia, kecintaan pada Tanah Air dan bangsa, kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan.  Kemudian juga tolong-menolong, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, jernih dalam berpikir, berkata, dan berbuat, hemat, cermat, dan bersahaja, serta rajin dan terampil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan mengikuti kegiatan pramuka maka diharapkan seseorang dapat memahami dan tumbuh sebagai pribadi yang baik sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

2. Mengasah Keterampilan Umum

Dilansir dari laman Ditjen SMP, selain bisa memahami nilai-nilai luhur, kegiatan kepramukaan juga mengasah keterampilan loh. Keterampilan yang secara tidak langsung menjadi terasah dari kegiatan pramuka antara lain keterampilan fisik, keterampilan intelektual, keterampilan emosional, keterampilan emosional, dan keterampilan sosial. 

3. Mengasah Kecakapan Khusus

Dalam kegiatan pramuka sendiri terdapat 10 Syarat Kecakapan Khusus (SKK) meliputi berkemah, P3K, gerak jalan, penabung, berkebun, pengamat, juru masak, pengamat, penjahit, pengaman kampung, serta pengatur ruangan. SKK tersebut tidak lain merupakan kecakapan hidup dasar yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari baik secara individu maupun berkelompok.
 
Nah, Itu dia Sobat Medcom, sejumlah manfaat dari mengikuti pendidikan kepramukaan. Ternyata sangat banyak, ya? Semoga informasi ini membuat kita semangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah. Salam Pramuka!
 
Baca juga:  Lestari Moerdijat Dorong Kegiatan Pramuka Bentuk Generasi Muda Tangguh

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif