Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Perpaduan Jurusan Teknik dan Kedokteran, Ini Dia A to Z Jurusan Teknik Biomedis

Citra Larasati • 20 Januari 2022 08:17

Prospek Kerja Jurusan Teknik Biomedis

Kuliah di jurusan Teknik Biomedis ini utamanya akan mengantarkan kamu untuk berkarier sebagai insinyur atau perancang sebuah alat. Namun di samping itu, tentunya ada prospek kerja pada bidang lain.
 
Lulusan Teknik Biomedis umumnya akan melanjutkan karier di rumah sakit, laboratorium klinis, industri kesehatan, peneliti, pengajar, bahkan di instansi pemerintahan.  Ada peran seorang insinyur Biomedis yang menarik.
 
Misalnya merancang sistem dan produk yang dapat menggantikan bagian tubuh yang rusak seperti organ buatan. Selain itu juga merancang peralatan untuk tujuan diagnostik, memasang, kemudian juga memelihara dan memperbaiki peralatan biomedis

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika kamu tertarik berkarier pada bidang tersebut, kamu bisa memilih sebagai teknisi atau konsultan alat kesehatan rumah sakit, dan juga pekerja laboratorium.
 
Selain itu, lulusan Teknik Biomedis juga banyak meniti karier pada bidang lainnya. Misalnya sebagai konsultan independen yang bekerja sama dengan organisasi medis dan lembaga penelitian. Kemudian juga sebagai pengajar di perguruan tinggi. 
 
Prospek kerja lainnya sebagai lulusan biomedis yakni menjadi peneliti untuk mengembangkan teknologi medis. Salah satu teknologi yang kita rasakan saat ini misalnya pengembangan vaksin covid-19 sehingga lebih mudah diproduksi dan mudah didistribusikan di Indonesia. Ternyata penemu teknologi tersebut orang Indonesia dan diakui dunia lho! Ia adalah Novalia Pishesha.
 
Novalia adalah seorang ilmuwan dan peneliti bioteknologi dari Universitas Harvard yang kemudian penelitiannya digunakan sebagai solusi vaksinasi di Indonesia. Inspiratif sekali bukan? 

Universitas Dengan Jurusan Teknik Biomedis

  1. Institut Teknologi Bandung - (STEI ITB)
  2. Universitas Indonesia - (FT UI)
  3. Universitas Gadjah Mada - (FT UGM)
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember - (FTE ITS)
  5. Universitas Airlangga - (FST UNAIR) 

 
(CEU)
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif