Siswa di salah satu MAN di kudus, Pelajar diminta berhati-hati dalam menerima tawaran kuliah-magang di luar negeri, Medcom.id/Rhobi Sani.
Siswa di salah satu MAN di kudus, Pelajar diminta berhati-hati dalam menerima tawaran kuliah-magang di luar negeri, Medcom.id/Rhobi Sani.

Tujuh Hal Penting Sebelum Kuliah Magang di Luar Negeri

Pendidikan Pendidikan Tinggi Mahasiswa di Taiwan Tips Pendidikan
Intan Yunelia • 07 Januari 2019 12:00
Jakarta: Program kuliah magang di beberapa negara banyak diminati calon mahasiswa Indonesia. Namun, tak sedikit juga program tersebut berujung pada penipuan, dengan dalih program kuliah magang.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan terjadi, alangkah baiknya para pelajar jika ingin menyambung sarjana di perguruan tinggi di luar negeri untuk melakukan check and recheck  beberapa catatan penting.

Pertama, teliti dulu kesepakatan (MoU) antara agensi dengan institusi penyalur yang ada di Indonesia dan universitas yang diinginkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Harus ada dokumen resmi kerja sama yang ditangani kedua belah pihak," kata Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan, Sutarsis di Jakarta, Senin,7 Januari 2019. Kedua, teliti lagi isi MoU tersebut, terutama pada bagian finansial yang ditawarkan secara detail. Mahasiswa harus memahami komponen apa saja yang harus dibayar mahasiswa dan pihak universitas. Jika ada penawaran beasiswa, perhatikan durasi pemberian beasiswa.

"Banyak kasus bantuan pendidikan hanya diberikan tahun pertama. Sedangkan tahun ke-2 hingga ke-4 harus dibiayai sendiri," ujar Sutarsis.

Baca: PPI Taiwan Minta Pemerintah Lakukan Pengawasan Langsung

Ketiga, periksa kembali kegiatan akademis dan magang. Sebab porsi kuliah dan magang kadang tidak proposional dengan kerja industri linier dan jurusan pendidikannya.

Keempat, periksa jurusan yang ditawarkan perguruan tinggi tersebut. Jangan sampai mahasiswa tidak periksa dengan benar jurusan yang dipilih dan akhirnya harus mengambil jurusan lain yang tidak diinginkan.

Kelima, perlu diperhatikan kepastian magang. Sebab beberapa mahasiswa kerap mengalami keterlambatan program magang,  sehingga mengalami kesulitan keuangan. Padahal finansial mahasiswa didapatkan dari program magang ini.

"Terkadang agensi sesukanya mengatur jam magang dan tempat magang," paparnya.

Baca: Agen Pendidikan Tak Kredibel Perkeruh "Kuliah-Magang" di Taiwan

Keenam, Anda mahasiswa sebaiknya mencari universitas yang secara langsung memiliki MoU dengan Industri. Artinya aktifitas magang sudah diatur oleh universitas bukan agen.

"Dari pengalaman yang ada, program magang yang diatur oleh universitas lebih stabil dan tidak ada masalah," terangnya.

Terakhir, disarankan mahasiswa bisa mengontak langsung universitas yang dituju untuk mengetahui detailnya. Karena banyak pihak yang memanfaatkan program ini untuk mengambil keuntungan.


(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi