Startup Medcom
Startup Medcom

Ingin Bangun Startup? Ini yang Harus Dipersiapkan

Pendidikan startup beasiswa osc tips & trik
Renatha Swasty • 18 April 2022 12:20
Jakarta: Founder dan CEO Resistomap OY, Windi Muziasari, membagikan tips membangun perusahaan rintisan atau startup. Pendiri startup asal Finlandia itu meminta calon founder maupun CEO menentukan gagasan awal.
 
"Pertama ya kita perlu punya ide atas satu masalah. Artinya ada masalah yang kita lihat dan kita muncul ide untuk menyelesaikannya," kata Windi dalam siaran instagram @i4Indonesia dikutip Senin, 18 April 2022.
 
Gagasan atau ide itu bisa muncul dari kegiatan yang dilalui sehari-hari. Windi mengembangkan Ristomap OY karena ketertarikan pada dunia riset bidang mikrobiologi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, kalau saya dari apa yang saya pelajari saya melihat masalah dan saya tentukan langkah-langkah menyelesaikan masalah itu. Dan saya ingin masalah ini diselesaikan secara bersama-sama ya salah satunya dengan membangun perusahaan," sebut dia.
 
Windi mengatakan bila perlu calon founder ataupun CEO bisa mengikuti kursus atau kelas membangun perusahaan rintisan. Tujuannya, agar bisa lebih dekat dengan cara mengeksekusi ide yang sudah dimiliki.
 
"Saya juga waktu itu ikut kelas bagaimana mengeksekusi ide. Dan dari situ membuka saya untuk melihat nanti siapa saja pengguna dari apa yang saya hadirkan," tutur dia.
 
Selanjutnya, calon founder ataupun CEO dapat melakukan riset terhadap calon pengguna. Hal yang bisa ditanyakan apakah barang atau jasa yang perusahaan tawarkan dapat bermanfaat atau tidak.
 
"Ini riset yang penting. Karena hal yang paling menyenangkan adalah ketika orang menggunakan ide kita, dan ide kita dimanfaatkan serta dibutuhkan orang lain atau tidak," tutur dia.
 
Baca: 5 Skills yang Banyak Dibutuhkan Jika Bekerja di Startup
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif