"Hal paling utama dalam memulai konten adalah banyak bekal 'belanja' ide. Punya banyak referensi untuk menambah wawasan. Semakin banyak bekal tersebut, semakin mudah untuk menjalani proses penciptaan," kata Frisca dalam webinar yang ditayangkan lewat kanal Youtube Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Akademi Televisi Indonesia (LPPM ATVI), Kamis, 24 Februari 2022 malam.
1. Dimulai dengan Ide
Friska mengatakan tidak ada ide yang muncul tiba-tiba. Semua adalah perasan atau hasil dari endapan pemikiran kita yang berjalan setiap hari. Kadang muncul secara tidak beraturan waktunya."Nah, inilah yang disebut sebagai 'ide muncul begitu saja', padahal itu karena banyaknya ide yang diendapkan tadi," kata dia.
2. Diproduksi dengan baik
Bagaimana memulainya? Friska menyatakan harus dimulai dengan prinsip-prinsip produksi yang baik. Dengan demikian kelak hasilnya pun akan baik dan bermanfaat bagi banyak orang.3. Bermanfaat
Bermanfaat adalah kata kunci dari membuat konten. Menurut dia, bila hanya mengutamakan sensasi tanpa esensi (yang baik), maka konten akan menjadi konten sampah dan berbahaya bagi masyarakat.Baca: Tips Menulis Skrip Vlog ala Aulion
4. Kreatif
Friska menegaskan kreatif adalah penciptaan. Dari yang sebelumnya tidak ada, menjadi ada. Penemuan, dalam berbagai bidang yang membantu umat manusia hidup lebih baik selalu diawali dengan kreasi atau penciptaan sesuatu.5. Inovatif
Tahapan berikutnya adalah inovasi atau pembaruan dari penemuan sebelumnya. Inovasi, kata Friska, berjalan seiring dengan kreativitas manusia.6. Memiliki Konsep
Sebuah karya pun selalu diawali dengan konsep yang muncul di benak. Yang berasal dari berbagai sumber dan akhirnya ditulis menjadi sinopsis."Tanpa disadari, semua pembuat konten, pastinya punya sinopsis atas video atau karyanya. Tantangan yang kini banyak dihadapi dihadapi bagi pembuat konten adalah bagaimana men-deliver pesan dalam tempo yang singkat namun efektif. Mengapa? Karena persaingan antarplatform dan para penontonnya yang mulai enggan berlama-lama dengan satu konten," jelas Friska.
Baca: Pertajam Kemampuan Pemasaran dengan Content Marketing Strategy
7. Persiapkan 5 hal ini
Dalam dunia produksi media, ada lima hal yang harus ditekankan. Tiga hal pertama yaitu persiapan (praproduksi), pelaksanaan (produksi), dan penyempurnaan (pascaproduksi). Dua selanjutnya adalah tahapan penemuan (discovery) dan penyebaran penyampaian (delivery).Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News