Frisca Artinus (kanan). Foto: Tangkapan layar Youtube
Frisca Artinus (kanan). Foto: Tangkapan layar Youtube

7 Modal Utama Konten Kreator Agar Tetap Produktif

Media Indonesia.com • 25 Februari 2022 13:56
Jakarta: Sedikitnya ada tujuh modal utama seorang konten kreator agar tetap produktif menghasilkan karya. Ketujuh hal ini ditekankan akademikus sekaligus praktisi Frisca Artinus dalam webinar dwimingguan Teras LPPM ATVI bertajuk "Menebar ‘virus kreatif’ Lewat Produksi Media".
 
"Hal paling utama dalam memulai konten adalah banyak bekal 'belanja' ide. Punya banyak referensi untuk menambah wawasan. Semakin banyak bekal tersebut, semakin mudah untuk menjalani proses penciptaan," kata Frisca dalam webinar yang ditayangkan lewat kanal Youtube Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Akademi Televisi Indonesia (LPPM ATVI), Kamis, 24 Februari 2022 malam. 

1. Dimulai dengan Ide

Friska mengatakan tidak ada ide yang muncul tiba-tiba. Semua adalah perasan atau hasil dari endapan pemikiran kita yang berjalan setiap hari. Kadang muncul secara tidak beraturan waktunya. 
 
"Nah, inilah yang disebut sebagai 'ide muncul begitu saja', padahal itu karena banyaknya ide yang diendapkan tadi," kata dia.

2. Diproduksi dengan baik

Bagaimana memulainya? Friska menyatakan harus dimulai dengan prinsip-prinsip produksi yang baik. Dengan demikian kelak hasilnya pun akan baik dan bermanfaat bagi banyak orang. 

3. Bermanfaat

Bermanfaat adalah kata kunci dari membuat konten. Menurut dia, bila hanya mengutamakan sensasi tanpa esensi (yang baik), maka konten akan menjadi konten sampah dan berbahaya bagi masyarakat.

Baca: Tips Menulis Skrip Vlog ala Aulion

4. Kreatif

Friska menegaskan kreatif adalah penciptaan. Dari yang sebelumnya tidak ada, menjadi ada. Penemuan, dalam berbagai bidang yang membantu umat manusia hidup lebih baik selalu diawali dengan kreasi atau penciptaan sesuatu. 

5. Inovatif

Tahapan berikutnya adalah inovasi atau pembaruan dari penemuan sebelumnya. Inovasi, kata Friska, berjalan seiring dengan kreativitas manusia.
 
Kreatif dimulai dengan adanya ide. Ide muncul dari beragam sumber, seperti dari pengalaman, bacaan, tontonan, dan contoh-contoh. 

6. Memiliki Konsep

Sebuah karya pun selalu diawali dengan konsep yang muncul di benak. Yang berasal dari berbagai sumber dan akhirnya ditulis menjadi sinopsis. 
 
"Tanpa disadari, semua pembuat konten, pastinya punya sinopsis atas video atau karyanya. Tantangan yang kini banyak dihadapi dihadapi bagi pembuat konten adalah bagaimana men-deliver pesan dalam tempo yang singkat namun efektif. Mengapa? Karena persaingan antarplatform dan para penontonnya yang mulai enggan berlama-lama dengan satu konten," jelas Friska.
 
Baca: Pertajam Kemampuan Pemasaran dengan Content Marketing Strategy

7. Persiapkan 5 hal ini

Dalam dunia produksi media, ada lima hal yang harus ditekankan. Tiga hal pertama yaitu persiapan (praproduksi), pelaksanaan (produksi), dan penyempurnaan (pascaproduksi). Dua selanjutnya adalah tahapan penemuan (discovery) dan penyebaran penyampaian (delivery).
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UWA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan