ilustrasi UTBK. Foto:  MI
ilustrasi UTBK. Foto: MI

Catat! Tiga Persiapan Penting Sebelum UTBK-SBMPTN 2021

Pendidikan sbmptn UTBK SNMPTN/SBMPTN 2021
Citra Larasati • 14 Januari 2021 13:13
Jakarta:  Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 sudah di depan mata. Bagi lulusan SMA/SMK sederajat, momen ini sangat dinanti-nantikan untuk menjemput impian masuk ke PTN idaman.
 
Tingginya minat para peserta dari tahun ke tahun, membuat persaingan semakin ketat. Setiap tahun peraturan pelaksanaan UTBK dan SBMPTN juga kerap berubah-ubah. Tahun 2020 misalnya,  pelaksanaan SBMPTN pun mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan SBMPTN di tahun-tahun sebelumnya karena situasi pandemi covid-19.
 
Meski begitu, perubahan tersebut janganlah membuat kamu lengah.  Ada banyak hal yang bisa kamu persiapkan sejak jauh-jauh hari.  Simak tips UTBK yang perlu diperhatikan berikut ini ya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1.  Kenali jurusan dan perguruan tinggi impianmu
 
Tak jarang banyak peserta yang masih tidak mengetahui dengan baik jurusan dan universitas yang diminati. Hasilnya, banyak yang salah langkah dan kurang memperhitungkan peluang yang ada.
 
Perlu diketahui, berdasarkan data tahun lalu yang dikutip dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebanyak 167.653 peserta dinyatakan lulus seleksi di 85 PTN se-Indonesia melalui UTBK untuk SBMPTN 2020. 
 
Sedangkan angka pendaftar SBMPTN tahun 2020 mencapai 703.875 peserta. Dari data tersebut, kita tahu bahwa persaingan sangat ketat untuk mendapatkan peluang berhasil lulus.
 
Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus rajin-rajin membuka informasi mengenai jurusan dan universitas impian kamu. Kenali dengan baik jurusan dan universitas apa yang ingin kamu pilih.
 
Jangan sampai kamu salah strategi dan akhirnya gagal mendapatkan peluang tersebut.  Pahami syarat-syarat yang ditentukan.
 
Selain memahami jurusan yang kamu minati, pahami juga dengan cermat syarat-syarat untuk pendaftaran. Jangan sampai ada berkas atau dokumen yang ketinggalan, ya.
 
Pastikan kamu sudah membaca syarat serta peraturan yang berlaku. Kamu bisa cek di laman LTMPT untuk lebih detailnya. Rajin-rajinlah mencari informasi terbaru terkait pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2021.
 
2. Perbanyak latihan soal
 
Ada istilah Practice makes perfect.  Kalimat tersebut sering banget diucapkan oleh para motivator. Tapi, kamu tahu nggak, sih, maksudnya? Latihan membantu untuk menstimulasi tubuh kamu supaya cepat tanggap.
 
Hal ini juga sama ketika kamu sering berlatih mengerjakan soal ujian. Ketika kamu sering berlatih soal, otak akan menstimulasi soal-soal yang sering kamu kerjakan. Sehingga kamu dapat memahami berbagai macam model soal dan cara mengerjakannya.
 
Baca juga:  Simak, Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Peserta SNMPTN
 
Kamu juga bisa mencari berbagai contoh prediksi soal-soal ujian SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya atau kamu bisa uji kemampuan kamu dengan soal-soal di ruanguji Ruangguru.
 
3. Menjaga kesehatan menjelang ujian
 
Meskipun banyak persiapan menjelang UTBK, kamu jangan sampai sakit, ya! Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan kamu, salah satunya berolahraga.
 
Dari sekarang kamu biasakan untuk berolahraga supaya pikiran dan badan kamu tetap segar. Terlebih lagi di masa pandemi ini, kesehatan menjadi unsur utama yang harus kalian perhatikan.
 
Kesehatan mental dan fisik adalah yang terpenting. Karena ujiannya berbasis komputer, kamu harus bisa tahan berjam-jam di depan layar komputer. Pastikan kamu selalu rutin mengonsumsi makanan sehat dan vitamin untuk menjaga stamina tubuh. Berolahraga dan istirahat secukupnya supaya kamu bisa belajar dengan maksimal.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif