Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Lembaga Kursus Merapat, Ini 4 Tips Promosikan Akun Medsos untuk Gaet Peserta Didik

Citra Larasati • 30 April 2023 17:00
Jakarta:  Perkembangan dunia teknologi telah membuat kita semakin mudah mengetahui segala hal. Salah satunya adalah mengenali suatu produk/jasa yang ada di sekitar kita hingga di luar negeri hanya dengan satu ketukan di layar gawai.
 
Melalui dunia maya, kita sudah dapat menjelajahi seluruh dunia maya dan mendapatkan banyak informasi dari produk yang diminati. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemasaran digital yang sedang digemari industri serta masyarakat. 
 
Melansir laman Ditjen Vokasi, Wakil Sekretaris Jenderal Generasi Digital Indonesia (GRADASI), Yunita saat menjadi pemateri dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Kursus Daring untuk lembaga kursus dan pelatihan (LKP) mengatakan, kemudahan ini juga dapat dimanfaatkan LKP dalam menggaet peserta didik baru.  

Namun di tengah kemudahan mengakses informasi, tetap saja membutuhkan strategi untuk memastikan informasi yang disampaikan dapat ditangkap dengan baik oleh masyarakat. 
 
Hal ini juga berlaku bagi Lembaga Kursus dan Pelatihan saat ingin mempromosikan program yang ada di lembaganya.  Penasaran seperti apa cara mempromosikan akun media sosial untuk menggaet peserta didik LKP? Berikut tip jitunya menurut Yunita.

Tips Jitu Prmosikan Akun Media Sosial Lembaga Kursus untuk Gaet Peserta Didik:

1. Siapkan Website dan Media sosial

Persiapan ini merupakan hal yang penting serta harus diperhatikan oleh Sobat Medcom di LKP. Saat ini banyak masyarakat yang mencari informasi di dunia maya dan media sosial ketika mereka tertarik pada suatu hal. 
 
Maka dari itu, website dan media sosial merupakan hal penting bagi LKP untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Pastikan seluruh informasi serta kontak LKP tertulis dan mudah dilihat oleh audience.
 
Penamaan website dan akun media sosial pun sebaiknya sesuai dengan nama dari LKP agar mudah ditemukan ketika ada peserta didik melakukan pencarian dalam search engine seperti Google

2.  Lakukan Riset Pasar untuk Konten Promosi

Kegiatan promosi melalui pemasaran digital ini perlu melihat kebutuhan dari target pemasaran. Dengan begitu, isi konten dan perencanaan penempatan konten dapat sesuai target dan mendapatkan jangkauan yang besar. 
 
Riset pasar ini dapat dilakukan dengan aplikasi Google Trend dan sosial media, kita dapat memasukan keyword yang sesuai dengan kata kunci yang biasanya banyak digunakan pada saat melakukan pencarian program pelatihan Lembaga. Contohnya jika dari LKP kursus bahasa Inggris, maka kata kuncinya dapat menggunakan ‘kursus bahasa Inggris terdekat’.

3. Siapkan Konten Pemasaran yang Menarik dan Terkini

Saat ini konten dalam bentuk video lebih banyak disukai dibandingkan konten berbentuk gambar. Dengan konten video kita lebih dapat berinteraksi dengan audience atau target pasar kita. 
 
Menurut Yunita, konten video yang menarik merupakan video dengan durasi tidak terlalu lama, memiliki alur atau cerita yang menarik, terdapat musik dan tulisan untuk penjelasan video, serta kalimat mengandung copywriting.

4. Ikuti Program Kursus Daring

Pastikan program kursus daring ini telah bekerja sama dengan GRADASI dan SEAMEO SEAMOLEC.  Program Kursus Daring dari Direktorat Kursus dan Pelatihan ini menyediakan banyak materi untuk pemasaran digital serta teman LKP dapat memiliki website secara gratis untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran. 
 
Dengan adanya Kursus Daring, LKP dapat menjangkau seluruh peserta didik tanpa adanya batasan jarak serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
Baca juga: Lulusan Kursus Kembangkan Bengkel, Modal Rp5 Juta Kini Beromzet Puluhan Juta

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(CEU)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan