Inovasi Indonesia Expo 2020. Dok Kemenristek.
Inovasi Indonesia Expo 2020. Dok Kemenristek.

Besok, Jokowi Dijadwalkan Buka Inovasi Indonesia Expo 2020

Pendidikan inovasi Riset dan Penelitian Hakteknas 2020
Arga sumantri • 09 November 2020 17:15
Jakarta: Inovasi Indonesia Expo 2020 bakal dibuka pada Selasa, 10 November 2020. Pameran tahunan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) ini rencananya bakal dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.
 
"Insyallah besok akan dibuka Pak Presiden, dan Pak Menteri (Menristek Bambang Brodjonegoro)," kata Sekretaris Kemenristek/BRIN Mego Pinandito dalam konferensi pers secara virtual, Senin, 9 November 2020.
 
Mego menjelaskan, Inovasi Indonesia Expo merupakan kegiatan rutin Kemenristek/BRIN yang bertujuan mengajak seluruh elemen untuk mengerti lebih jauh tentang riset dan inovasi. Pameran ini juga digelar untuk mendekatkan pengguna inovasi seperti masyarakat atau pelaku industri, dengan peneliti atau perekayasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengguna di sini bisa masyarakat, kalangan industri, kita semua di sini, termasuk perguruan tinggi," ujarnya.
 
Pandemi virus korona (covid-19) membuat gelaran pameran inovasi ini bakal dilangsungkan secara virtual. Sejumlah kegiatan virtual disiapkan, seperti demo sains, demo produk, seminar, pameran, temu bisnis, klinik konsultasi, hingga lomba-lomba.
 
Baca: Peringatan Hakteknas, Kemenristek Gelar Inovasi Indonesia Expo 2020
 
Target peserta kegiatan meliputi pendidik, akademisi, pelaku bisnis mulai dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), unsur pemerintah, komunitas, serta pelajar maupun mahasiswa. Acara terbagi dua jenis kategori, yakni pameran interaktif yang bakal berlangsung mulai 10-13 November 2020 dan dilanjutkan dengan pameran statis pada 14 November-10 Desember 2020.
 
"Kami mengundang semuanya untuk hadir dalam acara Inovasi Indonesia Expo 2020," ungkapnya.
 
Inovasi Indonesia EXPO akan menampilkan berbagai produk inovasi dari berbagai Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan (Litbangjirap). Baik LPNK, Lembaga Litbang Kementerian, Lembaga Litbang Daerah, Perguruan Tinggi, industri, masyarakat, serta mitra internasional.
 
Dalam acara ini, secara khusus akan ada pemberian berbagai anugerah inovasi kepada berbagai kalangan yang telah berhasil mengembangkan inovasi dan membangun ekosistem inovasi di Tanah Air. Kegiatan penganugerahan inovasi tersebut bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2020, sebagai wujud memberikan apresiasi kepada 'pahlawan-pahlawan inovasi' Tanah Air.
 
Salah satu jenis penghargaan yang diberikan oleh Kemenristek/BRIN adalah 'Habibie Prize', yang sebelumnya dikelola oleh Yayasan SDM Iptek dengan nama 'Habibie Award'. Kegiatan Inovasi Indonesia Expo 2020, juga dirangkaikan dengan Artificial Intelligence Summit 2020 dan Nuclear Expo 2020.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif