Inovasi Indonesia Expo  2020. Foto: Dok. Kemenristek
Inovasi Indonesia Expo 2020. Foto: Dok. Kemenristek

Peringatan Hakteknas, Kemenristek Gelar Inovasi Indonesia Expo 2020

Pendidikan inovasi Riset dan Penelitian Hakteknas 2020
Citra Larasati • 08 November 2020 17:56
Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) akan menggelar Inovasi Indonesia Expo mulai 10-13 November 2020.  Pameran tahunan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2020. 
 
Pada penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, pameran ini bernama Ritech Expo. Mulai Tahun 2020 ini, bertepatan dengan seperempat abad Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang jatuh pada tanggal 10 Agustus 2020, dilakukan rebranding menjadi Inovasi Indonesia EXPO. 
 
Inovasi Indonesia EXPO tahun ini berlangsung di tengah pandemi covid-19, sehingga penyelenggaraan pameran yang biasanya dilaksanakan secara faktual, kali ini akan dilaksanakan secara virtual melalui laman www.inovasiindonesiaexpo.id.
 
"Ini sebagai upaya untuk meminimalisir kontak fisik, namun tetap memungkinkan masyarakat untuk menyaksikan berbagai produk inovasi hasil karya anak bangsa serta memberikan pengalaman baru dalam menikmati pameran melalui teknologi informasi," kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro, Minggu, 8 November 2020.
 
Inovasi Indonesia EXPO akan menampilkan berbagai produk inovasi dari berbagai 
Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan (Litbangjirap).  Baik LPNK, Lembaga Litbang Kementerian, Lembaga Litbang Daerah, Perguruan Tinggi, industri, masyarakat, serta mitra internasional. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain pameran, juga akan ada berbagai acara webinar, temu bisnis, klinik konsultasi untuk inovator dan UMKM, serta aneka lomba," jelasnya.
 
Baca juga:  Aksantara ITB Borong Juara di Kontes Robot Terbang Indonesia
 
Dalam acara ini, secara khusus akan ada pemberian berbagai anugerah inovasi kepada berbagai kalangan yang telah berhasil mengembangkan inovasi dan membangun ekosistem inovasi di Tanah Air. "Kegiatan penganugerahan inovasi tersebut, bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2020, sebagai wujud memberikan apresiasi kepada 'pahlawan-pahlawan inovasi' Tanah Air," ujar Bambang.
 
Salah satu jenis penghargaan yang diberikan oleh Kemenristek/BRIN adalah "Habibie Prize", yang sebelumnya dikelola oleh Yayasan SDM Iptek dengan nama "Habibie Award".  Kegiatan I2E 2020, juga dirangkaikan dengan Artificial Intelligence Summit 2020 dan Nuclear Expo 2020.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif