Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Penyebaran Korona 20 Kali Lebih Cepat dari SARS

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Ilham Pratama Putra • 22 Mei 2020 14:41
Jakarta: Virus korona (covid-19) telah menginfeksi setidaknya lima juta orang di seluruh dunia. Virus ini diyakini menular lebih cepat dari pada virus sejenis, yakni severe acute respiratory syndrome (SARS).
 
Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Bambang Brodjonegoro bahkan menyebut covid-19 menular 20 kali lipat lebih cepat dari SARS. Perbandingan percepatannya dilihat dari kesamaan penyebaran, yakni droplet atau percikan.
 
"Covid-19 ini sangat menular. Sesuai hitungan ilmiah bisa 20 kali cepat dari SARS. Sama-sama droplet," kata Bambang dalam program Selamat Pagi Indonesia bertema 'Kebangkitan Inovasi' di Metro TV, Jumat 22 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena lebih cepat, maka penanganannya pun akan berbeda. Wajar kemudian jika saat ini pemerintah harus gencar melakukan sosialisasi physical distancing atau menjaga jarak secara fisik.
 
"Ada yang namanya social dan physical distancing, pakai masker, cuci tangan agar kecepatan penyebaran bisa dinetralkan dan dicegah," tambah dia.
 
Baca juga:Menristek: Kita Harus Siap Hidup Tanpa Vaksin Korona
 
Bambang menjelaskan, covid-19 sendiri akan menyerang paru-paru. Penyerangan organ vital ini tentu memiliki risiko kematian yang besar.
 
"Itu yang membuat ada upaya agar menjaga penyebarannya bisa dikendalikan dan upaya pengobatan pasien jadi penting. Karena kita tidak ingin manusia kalah dangan covid-19," jelas Bambang.
 
Untuk saat ini, seluruh dunia tengah mengupayakan pengadaan vaksin. Namun, menjelang vaksin itu ada, Bambang meminta seluruh masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan.
 
"Vaksin ini belum tentu akan bisa didatangkan segera dan benar-benar ada. Ini menjadi pekerjaan besar untuk peneliti seluruh dunia. Karena dari banyak penyakit menular namun tidak semua memiliki vaksin hingga hari ini," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif