Kampus UI. Foto/Dok. UI.
Kampus UI. Foto/Dok. UI.

UI Institusi Terproduktif Penghasil Artikel Ilmiah Berkualitas se-Indonesia

Pendidikan Pendidikan Tinggi Publikasi Ilmiah Universitas Indonesia Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 19 November 2020 20:56
Jakarta: Universitas Indonesia (UI) menerima penghargaan sebagai institusi terproduktif di Indonesia dalam menghasilkan Artikel Berkualitas Tinggi di Bidang Kesehatan dan Obat. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi RI/Kepala Badan Riset dan Inovasi Indonesia (Menristek/Kepala BRIN), Bambang Brodjonegoro.
 
Dalam arahannya, Menristek menyampaikan, bahwa ajang ini merupakan salah satu upaya Kemenristek untuk mendorong terjadinya hilirisasi dari hasil riset dan mempromosikan riset unggulan. Tidak hanya itu, ia juga ingin riset inovasi dapat menjadi kebanggaan bangsa negara serta solusi atas permasalahan yang kita hadapi.
 
Sebab kunci peningkatan pertumbuhan ada pada perbaikan kualitas SDM, peningkatan produktivitas, peningkatan investasi, dan perbaikan pasar tenaga kerja. "Pertumbuhan ekonomi dapat dicapai jika dilakukan peningkatan industri manufaktur berbasis inovasi. Bila hal ini dilakukan, maka visi pembangunan nasional tahun 2045 dapat terwujud," ujar Bambang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:LIPI Dongkrak Publikasi Internasional dan Peningkatan SDM Iptek
 
Wakil Rektor UI bidang Riset dan Inovasi UI Nurtami mengatakan, selain penghargaan bagi UI secara institusi, sebanyak 588 artikel ilmiah yang ditulis oleh insan peneliti dan akademisi UI maupun institusi/lembaga lainnya se-Indonesia, juga berhasil masuk dalam jajaran penerima penghargaan. Yakni penghargaan sebagai penulis artikel Ilmiah berkualitas tinggi bidang kesehatan dan obat.
 
Ajang Anugerah Hak Kekayaan Intelektual diselenggarakan oleh Kemenristek/BRIN melalui Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual. Pemberian penghargaan meliputi lima kategori yaitu Hak Kekayaan Intelektual Produktif, Artikel Ilmiah Berkualitas Tinggi Bidang Kesehatan dan Obat, Artikel Ilmiah Berkualitas Tinggi Bidang nonKesehatan dan Obat, Penulis Produktif, dan Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah.
 
Pada kesempatan terpisah, Rektor UI, Ari Kuncoro mengapresiasi kinerja riset dan inovasi yang dilakukan oleh sivitas akademika UI. Dengan kontribusi para periset, akademisi UI dapat turut mendorong ekosistem riset inovasi nasional sehingga UI dapat turut ambil bagian dalam mendukung Indonesia berdaya saing dan berdaulat berbasis iptek.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif