Beras analog dari limbah kulit apel dalam kemasan yang dihasilkan mahasiswa FTP Universitas Brawijaya (UB). Dok Humas UB
Beras analog dari limbah kulit apel dalam kemasan yang dihasilkan mahasiswa FTP Universitas Brawijaya (UB). Dok Humas UB

Mahasiswa UB Berdayakan Warga Tulungrejo Buat Beras dari Kulit Apel

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian
Antara • 17 September 2020 21:46
Malang: Enam mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) memberdayakan ibu-ibu PKK di Desa Tulungrejo, Batu, Jawa Timur, untuk memanfaatkan limbah kulit buah apel menjadi beras analog bernama Beras Analog Kulit Apel (Benkap). Koordinator Tim Benkap M Mukasyafatul Asror, mengatakan, kegiatan ini merupakan program pelatihan terpadu dalam penanganan limbah organik, khususnya kulit buah apel.
 
Keenam mahasiswa tersebut adalah Moch Mukasyafatul Asror, Arva Saktia Zulemita, Esthy Dwi Anggraeni, Erni Wahyu Wijayanti, Husna Atikah, dan Rizal Nur Alfian. Mereka dibimbing oleh dosen Joko Prasetyo.
 
"Benkap merupakan program yang solutif dengan memberdayakan unsur masyarakat dalam menangani permasalahan limbah organik di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji," ujar Mukasyafatul di Malang, Kamis, 17 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji dikenal memiliki beberapa Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM0 keripik apel cukup besar. Sebagian warganya juga bekerja sebagai pekerja atau buruh pengupas kulit apel. Masyarakat di daerah itu belum produktif dalam peningkatan ekonomi.
 
Baca:Dosen IPB Ciptakan Kit Diagnostik Alzheimer
 
Selain itu, proses produksi keripik apel jika terus menerus dilakukan akan menimbulkan limbah kulit apel yang menumpuk. Potensi limbah kulit apel sehari sekitar 40 kilogram.
 
Sebagian masyarakat hanya memanfaatkan limbah kulit apel sebagai pakan ternak dan sisanya dibuang begitu saja. Jika kebiasaan tersebut masih berlangsung secara terus menerus akan berdampak besar pada lingkungan dan kesehatan warga desa.
 
Selain itu, di dalam kulit apel memiliki banyak kandungan untuk dijadikan olahan produk yang ekonomis dan bermanfaat. Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai pengolahan kulit apel menyebabkan masyarakat tidak mengetahui manfaat kulit apel dengan baik.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif