Kampus USK. Foto: Dok. USK
Kampus USK. Foto: Dok. USK

LPDP Lakukan Monitoring dan Evaluasi Dua Kegiatan Riset di USK

Antara • 19 Januari 2022 11:10
Banda Aceh:  Tim dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melakukan monitor dan evaluasi (monev) dua kegiatan riset yang sedang digarap Universitas Syiah Kuala (USK). Tim LPDP melakukan monev dua riset di USK.
 
"Kehadiran kita ingin melihat kemajuan. Jika ada yang perlu dibantu, akan dibantu agar lebih baik. LPDP ini berbeda, menyediakan dana dan juga membina," kata Direktur Fasilitas LPDP, Wisnu Sardjono Soenarso di Darussalam, Banda Aceh, Selasa, 17 Januari 2022.
 
Ia menjelaskan, tim dari LPDP melakukan monev terhadap capaian dua riset yang didanai, yaitu riset invitasi Superiska Sistem Pendukung Keputusan untuk Pembiayaan dan Asuransi Risiko Bencana Berbasis Karakteristik Ancaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan, saat ini LPDP mengelola dana abadi kurang lebih Rp14 triliun yang diperuntukkan untuk beasiswa dan riset.  Menurutnya, riset yang sedang digarap USK masuk kategori riset khusus berbasis kebutuhan.
 
Dari riset yang sedang dilakukan peneliti USK, hasilnya menjadi rujukan pemerintah, apa yang bisa dirancang untuk kebutuhan jika terjadi bencana.  Pihaknya selalu mencari tahu agar pelaksanaan sebuah riset tidak melenceng.
 
Baca juga:  Meningkat, LPDP Bagikan 4.000 Beasiswa Sepanjang 2021
 
Selain itu, dirinya juga ingin mematahkan paradigma anggaran penelitian terbatas.  Rektor USK, Samsul Rizal mengatakan penelitian USK dalam 10 tahun terakhir terjadi lonjakan yang sangat signifikan.
 
“Ada kenaikan anggaran hingga 15 persen. Memberikan hibah ke profesor, dan laboratorium, maka terjadinya stimulus penelitian, bukan lagi keharusan tetapi hobi," kata Samsul.
 
Ia berpandangan, bahwa penelitian adalah pilar penting dari tridarma perguruan tinggi. Di mana hasilnya, selain menjadi bagian dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, juga diharapkan dapat menjadi solusi terhadap masalah yang ada di masyarakat.
 
Menurut dia, ada 21 hibah yang saat ini sedang berjalan dan didanai LPDP yakni satu hibah untuk skema Rispro Invitasi, satu hibah untuk skema Rispro Competition, empat hibah untuk Rispro Mandatory (Prioritas Riset Nasional), dan satu hibah didanai Rispro International Collaboration, dan 14 hibah Riset Keilmuan.*
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif