Presiden Joko Widodo saat peluncuran produk inovasi covid-19. Foto: Tangkapan layar.
Presiden Joko Widodo saat peluncuran produk inovasi covid-19. Foto: Tangkapan layar.

Harkitnas 2020, Jokowi Luncurkan 55 Produk Inovasi Covid-19

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Muhammad Syahrul Ramadhan • 20 Mei 2020 12:15
Jakarta: Presiden Joko Widodo luncurkan 55 produk inovasi covid-19 dari Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (Ristek/BRIN). Ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam negeri.
 
"Ini momentum baru bagi kebangkitan bangsa, momentum baru kebangkitan sains dan teknologi kita khususnya bidang kesehtan," kata Jokowi dalam peluncuran secara virtual, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Jokowi mengaku optimistis dengan masa depan industri alat kesehatan dalam negeri. Ia mengatakan, inovasi-inovasi karya anak bangsa yang ada saat ini sudah terbukti bisa membantu dalam penangan virus korona (covid-19).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sangat optimistis, dulu tidak kita pikirkan, hanya impor. Sekarang mandiri karena bisa produksi sendiri," ujar Jokowi.
 
Baca:Pandemi Momentum Bangun Ekosistem Riset dan Inovasi Nasional
 
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegero menyampaikan peluncuran ini diharapkan jadi momentum menekan ketergantungan dengan produk kesehatan impor. Makanya, diperlukan juga kolaborasi mulai dari kementerian, lembaga penelitian, perguruan tinggi, industri, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta.
 
"Nantinya industri alat kesehatan Indonesia bukan hanya tempat manufacturing, tetapi juga mampu menghasilkan produk inovasi," kata Bambang.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif