Ilustrasi penelitian. DOK BRIN
Ilustrasi penelitian. DOK BRIN

BRIN Fasilitasi Uji Klinik Suplemen Herbal PT Bintang Toedjoe untuk Pasien Covid-19

Renatha Swasty • 16 Februari 2022 11:29
Jakarta: Banyak masyarakat Indonesia memanfaatkan obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh sejak pandemi covid-19. Herbal asli Indonesia ramai dibicarakan, seperti jahe merah, sambiloto, dan empon-empon lainnya.
 
Melihat hal itu, PT Bintang Toedjoe berinisiatif melakukan penelitian terhadap pasien covid-19. Penelitian dimaksudkan melihat efektivitas penggunaan suplemen herbal sebagai terapi pendamping bagi pasien terinfeksi covid-19 dengan gejala ringan.
 
Belakangan, perusahaan bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk melakukan uji klinis terhadap salah satu produk suplemen berbahan herbal asli Indonesia. Uji klinis bertujuan melihat efektivitas penggunaan suplemen herbal sebagai terapi pendamping bagi pasien terinfeksi covid-19 dengan gejala ringan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mendukung upaya PT Bintang Toedjoe membuat produk bermanfaat bagi kesehatan berbasis kearifan lokal. Persiapan dan proses kerja sama uji klinis dengan Bintang Toedjoe sudah dimulai sejak 2020 di tengah pandemi.
 
“Kerja sama ini menunjukkan upaya BRIN untuk penguatan riset obat berbasis biodiversitas lokal dan hilirisasinya untuk menjadi produk yang memenuhi standar dan regulasi yang berlaku,” kata Handoko dikutip dari website brin.go.id, Rabu, 16 Februari 2022.
 
Plt Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi, Mego Pinandito, mengatakan uji klinis ini dilakukan untuk mengetahui khasiat dan keamanan dari suplemen herbal. Uji klinik acak, terkontrol, tersamar ganda, untuk mengevaluasi khasiat dan keamanan pemberian suplemen herbal sebagai terapi adjuvan terhadap pengobatan standar pasien covid-19 gejala ringan yang rawat inap.
 
Mego menuturkan kerja sama ini merupakan salah satu upaya penguatan ekosistem riset dan inovasi yang dilaksanakan BRIN. Kegiatan ini juga merupakan salah satu dari delapan program utama BRIN untuk memberikan fasilitasi riset dan inovasi kepada seluruh stakeholder.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif