Pengamat Pendidikan Doni Koesoema. Foto: Zoom
Pengamat Pendidikan Doni Koesoema. Foto: Zoom

Sebelum Kaji Ulang RUU Sisdiknas, Kemendikbudristek Mesti Evaluasi UU Sisdiknas 2003

Ilham Pratama Putra • 23 November 2022 14:41
Jakarta:  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) diminta untuk memperbaiki draf Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas). Namun sebelum itu, Kemendikbudristek perlu melakukan evaluasi kembali terhadap UU Sisdiknas yang sudah ada.
 
"Perlu dilakukan evaluasi kritis dulu terhadap UU Sisdiknas 2003," kata Pengamat Pendidikan Doni Koesoema dalam webinar Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes, dikutip Rabu 23 November 2022.  
 
Kemendikbudristek perlu melakukan inventarisasi masalah dalam UU Sisdiknas 2003. Deteksi persoalan UU yang sudah ada itu menjadi sangat penting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Persoalannya sekarang di mana, itu harus diadakan dialog, diskusi, argumentasi kritis akademisi, harus dilakukan secara terbuka dan kajian melibatkan banyak pihak," terangnya.
 
Apa yang sudah bagus dalam UU tersebut mesti dipertahankan untuk masuk dalam RUU Sisdiknas.  Jangan malah membuang aturan yang sudah baik.
 
"Mana yang bagus dipertahankan yang kurang baik diperbaiki seperti apa.  Kalau sekarang sementara yang bagus-bagus dibuang, yang diajukan tidak lebih baik dari UU yang saat ini ada," pungkasnya.
Baca juga: Pengamat Pendidikan Nilai Isi RUU Sisdiknas Tak Lebih Baik dari UU yang Sudah Ada

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif