Harapannya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian Indonesia, khususnya Kota Bogor. Pembuatan website ini sebagai salah satu komponen penerapan digital marketing yang dapat membantu UMKM memasarkan produk/jasanya.
Selain itu, ada komponen lainnya seperti branding, media sosial, content marketing, e-mail marketing, video production, SEO, app development, dan search engine marketing (SEM). "Saat ini kami telah berhasil membuat 22 website yang digabungkan menjadi satu portal UMKM di url https://klik.sv.ipb.ac.id/umkm/,” jelasnya.
Kategori produk yang dipasarkan yang paling banyak adalah kuliner, craft, fashion serta jasa yang dimiliki UMKM Kota Bogor. Menurutnya kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus.
Selain itu, ini juga menjadi produk dosen/mahasiswa yang berhasil diterapkan oleh masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari peningkatan kerja sama dengan mitra serta peningkatan jumlah mata kuliah yang menggunakan pembelajaran kelompok berbasis proyek sebagai bagian dari bobot evaluasi.
“Kegiatan ini masih terus berlanjut untuk mendukung program pemerintah berupa Gerakan Nasional Literasi Digital terutama cakap digital. Di antaranya pelatihan untuk UMKM Kota Bogor. Harapannya UMKM bisa naik kelas, berkembang dengan cepat, dan produk lokal bisa dipasarkan secara internasional sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” imbuhnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id