Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: TV Parlemen
Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: TV Parlemen

Nadiem Diminta 'Merayu' Sri Mulyani untuk Tambahan Dana BOS

Pendidikan Anggaran Pendidikan Dana Bos
Ilham Pratama Putra • 03 September 2020 18:48
Jakarta:  Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk memperbesar alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dia menyebut, Nadiem diharapkan mampu merayu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk mendapatkan anggaran tambahan tersebut.
 
"Saya yakin Mas Menteri pintar merayu Ibu Sri Mulyani agar dana BOS itu naik," kata Sofyan dalam Rapat Kerja Mendikbud dengan Komisi X DPR RI secara virtual, Kamis 3 Sepetember 2020.
 
Menurut Sofyan, relaksasi Dana BOS yang telah dilakukan saat ini sangat membahagiakan banyak pihak. Untuk tahun ini, pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk dana bos sebesar Rp55,8 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sofyan pun berharap relaksasi dana BOS tidak berhenti pada akhir tahun ini. Sebab menurutnya pada 2021 sekalipun, masih banyak pihak yang membutuhkan bantuan dana BOS.
 
"Selain itu program-program bantuan pembiayaan pendidikan itu harus tetap dilanjutkan. Dan tentu catatan kami itu, program Indonesia Pintar, KIP Kuliah, beserta bantuan-bantuan beasiswa lain yang menurut kami harus ditingkatkan," tutur Sofyan.
 
Baca juga:  Raker Komisi X Sepakati Anggaran Kemendikbud Rp81,5 Triliun
 
Sekjen Kemendikbud Ainun Naim pun berkomitmen akan memenuhi apa yang menjadi permintaan legislator PDI-P itu. Kemendikbud tengah mengupayakan adanya penambahan unit cost untuk dana BOS.
 
"Untuk penambahan unit cost (BOS) ini masih dalam pembicaraan, masih kita bicarakan bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Keuangan. Dana alokasi khusus itu tentu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan juga sarana prasarana pendidikan," jelas Ainun.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif