Siswa siswi Kharisma Bangsa peraih medali emas, perak dan perunggu di Genius Olympiad, di New York. Medcom.id/Citra Larasati,
Siswa siswi Kharisma Bangsa peraih medali emas, perak dan perunggu di Genius Olympiad, di New York. Medcom.id/Citra Larasati,

'Curhat' Tentang Laut Jakarta, Malah Raih Emas di New York

Pendidikan Prestasi Pelajar
Citra Larasati • 02 Juli 2019 07:07
Jakarta: Kegelisahan Reyna Kamila Arifin pada kotornya laut Jakarta membawa siswi SMA Kharisma Bangsa ini menembus New York, Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung, kerisauan yang dituangkan ke dalam sebuah puisi itu pun kemudian berjaya, menyabet Emas di ajang bergengsi Genius International.
 
"Laut Jakarta kini tak lagi bersih, tidak seperti saat saya masih kecil, sering ke Ancol dan lautnya masih bagus. Biasanya kita bisa menginjak pasir dengan empuk di pantai, tapi ini bertebaran sampah, berjalan saja susah, tidak nyaman" ungkap Reyna di Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.
 
Perubahan pantai dan laut Jakarta itulah yang kemudian ia 'potret' lalu dicurhatkan ke dalam sebuah karya puisi berjudul Reality. Meski ini karya puisi pertama Reyna, namun tema dan cara siswi berjilbab ini membawakan karyanya tersebut ternyata sangat disukai oleh dewan juri di Genius Olympad.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya pun ketika mendapat inspirasi tersebut hanya mengerjakannya dalam waktu semalam, alhamdulillah ternyata lolos menjadi finalis untuk berangkat ke New York, tidak disangka juga bisa mendapat emas," terangnya.
 
Kondisi menyedihkan, kata Reyna, sebenarnya tidak hanya terjadi di Jakarta. Untuk memperdalam observasinya, Reyna juga sempat mengunjungi pantai-pantai di Bali.
 
"Bali juga sudah mulai kotor, tapi belum separah di Jakarta," ungkap kelahiran Jakarta, 3 Mei 2003 ini.
 
Baca:Tembus Harvard Padahal Belajar Sambil Main Games
 
Indonesia yang diwakili sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas meraih medali emas, perak dan perunggu dalam 'Genius Olympiad' di Oswego, Amerika Serikat yang diselenggarakan pada 17-22 Juni 2019 lalu. Olimpiade tersebut diikuti oleh 1.400 peserta dari 75 negara di seluruh dunia dan terbagi menjadi lima bidang kompetisi yakni Sains, Seni, Bisnis, Menulis Kreatif dan Robotik.
 
Indonesia yang diwakili Reyna Kamila Arifin dan Siti Halimah Indrani Anwar, keduanya dari SMA Kharisma Bangsa berhasil masing-masing meraih satu medali emas dalam kompetisi Menulis Kreatif.
 
Delegasi lainnya, meraih dua perak dan satu perunggu bidang sains. Kedua medali tersebut
diraih Naufalia Brillianti Sambowo dari SMAN 2 Depok dengan raihan medali Perak di bidang teknologi, dengan judul Reducing Water Pollution Using Ardino Based Automatic Water Gate And Filtration System.
 
Sementara Katrina Angelie Sukardi dan Tasya Horax dari SMA Katolik Gembala Baik meraih Medali Perak di bidang biologi dengan judul Activity and Effectiveness test of Soursop Leaf. Berikutnya, Laksita Kirana Candraditya Anindyanari dan Farahiyah Sharfina Saputri dari SMAN 6
Yogyakarta meraih Medali Perunggu di bidang Biologi dengan judul: Chelita Smart Chemical Liquid.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif