Menko PMK, Muhadjir Effendy. Foto:  Medcom.id/Citra Larasati
Menko PMK, Muhadjir Effendy. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Peran Kampus Sangat Vital dalam Penyiapan Bonus Demografi

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 14 Oktober 2020 13:26
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendymenekankan perlu adanya kebijakan dan upaya yang optimal untuk memaksimalkan potensi bonus demografi. Salah satunya dengan meningkatkan peran perguruan tinggi dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang unggul.
 
“Kalau kita gagal memanfaatkannya, maka yang terjadi bukan bonus demografi, tetapi adalah malapetaka demografi,” ujar Muhadjirdalamorasi ilmiah secara virtual di puncak peringatan Dies Natalis ke-62 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran (Unpad), dikutip dari keterangan tertulis, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Menurut Muhadjir, setiap jenjang pendidikan menuntut adanya keterampilan dan kemahiran yang meningkat, serta jenis pekerjaan yang memiliki nilai tambah dibandingkan jenjang sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika lulusan perguruan tinggi tidak memiliki kemampuan dan pekerjaan yang memiliki nilai tambah dibandingkan lulusan SMA/SMK, maka perguruan tinggi dapat dikatakan gagal dalam menyiapkan SDM yang lebih unggul.
 
“Saya mohon ini menjadi pertimbangan semua perguruan tinggi untuk bisa menyiapkan betul mahasiswanya, agar kalau lulus dari perguruan tinggi itu betul-betul menjadi tenaga kerja atau angkatan kerja yang memiliki kualitas, kualifikasi, kemampuan, dan penghasilan yang beberapa kali lipat seandainya dia tamat SMA atau SMK,” ujar Muhadjir.
 
Baca juga:Kiat Sukses Menjalani Magang di Tengah Pandemi
 
Sementara itu, Rektor Unpad, Rina Indiastuti menyampaikan, bahwa dalam Renstra Unpad 2020-2024, pembangunan SDM sudah menjadi prioritas. Salah satu hal yang menjadi tantangan adalah mematangkan keterampilan wirausaha dari para milenial sehingga dapat turut membuka lapangan pekerjaan.
 
Rektor berharap, pemerintah dapat terus memberi perhatian terkait hal tersebut. Dies natalis FISIP Unpad kali ini pun dapat menjadi momentum refleksi dalam meningkatkan semangat, dan terus berkinerja. Rektor pun mengapresiasi sejumlah capaian yang telah dicapai FISIP Unpad dan diharapkan dapat terus ditingkatkan untuk memberi manfaat bagi masyarakat.
 
“Insyaallah, bahu membahu kita akan mewujudkan FISIP yang semakin berkinerja dan FISIP yang bereputasi dunia,” ujar Rina.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif