Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi, Mitos Hingga Prospek Kerja

Renatha Swasty • 03 Maret 2022 14:44
Jakarta: Jurusan Ilmu Komunikasi kerap menjadi salah satu program studi yang paling diminati calon mahasiswa baru. Apakah Sobat Medcom salah satunya?
 
Tak heran, jurusan ini hampir selalu ada di setiap kampus di Indonesia. Ilmu Komunikasi merupakan induk dari beberapa ilmu turunan, seperti Jurnalistik, Public Relation (Hubungan Masyarakat), Komunikasi Pemasaran, Advertising (Periklanan), Penyiaran, Desain Komunikasi Visual, Performing Arts Communication, dan sebagainya.
 
Berikut hal-hal mengenai jurusan Ilmu Komunikasi dikutip dari Ruangguru:

Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi

Secara garis besar, pada program studi Ilmu Komunikasi Sobat Medcom akan diajarkan mengenai proses komunikasi atau penyampaian pesan bisa menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju. Ilmu Komunikasi yang akan dipelajari sangat luas.

Sebab, dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari komunikasi. Pentingnya peminatan agar bisa memiliki kemampuan yang lebih terfokus pada salah satu cabang Ilmu Komunikasi.
 
Komunikasi juga memiliki banyak bentuk. Tidak hanya berbicara, gambar, dan tulisan juga bentuk komunikasi.
 
Di jurusan ini tidak hanya belajar teori, tetapi juga mempraktikkan dalam kehidupan nyata. Teori yang dipelajari tidak akan membosankan, karena sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya belajar berstrategi dan negoisasi. Dengan begitu, teori-teori komunikasi lebih mudah dimengerti.
 

Mitos tentang Jurusan Komunikasi

Sebagian besar orang mungkin menganggap anak komunikasi hanya belajar cara berbicara dan tidak cocok untuk orang introvert. Kalau Sobat Medcom introvert dan tidak terlalu suka berbicara, bukan berarti tidak cocok jadi anak komunikasi.
 
Di jurusan ini, kemampuan berbicara akan terasah dengan sendirinya. Mata kuliah yang ditemui nantinya akan menuntut untuk mempresentasikan tugas-tugas yang diberikan. Selama minimal satu minggu sekali akan bertemu dengan presentasi. Dari sanalah akan terbiasa berbicara di depan umum.

Mata kuliah dan peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi

Pada perkuliahan tahun pertama, Sobat Medcom masih akan diajarkan mata kuliah umum, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Psikologi Komunikasi, dan Sosiologi Komunikasi. Biasanya di semester 3 bisa memilih jurusan atau peminatan sesuai keinginan. Pilihan peminatan ini berbeda-beda, tergantung universitas.
 
Beberapa contoh peminatan yang bisa diambil, yaitu Public Relation, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Broadcasting, Periklanan, Advertising, atau Marketing Communication. Setiap peminatan akan mempelajari hal-hal berbeda.
 
Di peminatan public relations Sobat Medcom akan belajar cara membentuk dan menjaga citra baik suatu perusahaan. Sedangkan, di marketing, belajar cara membentuk strategi pemasaran untuk sebuah produk agar laku dijual.
 
Advertising-lah yang berperan mengemas strategi pemasaran tersebut. Broadcasting akan mempelajari cara menyajikan pesan yang menarik dan bermanfaat dalam media massa.
 

Skill yang harus dikuasai

Di Ilmu Komunikasi, public speaking merupakan salah satu kemampuan dasar yang wajib dipelajari. Public speaking merupakan kemampuan menyampaikan pesan yang efisien dengan baik sehingga pendengar bisa memahami perkataan yang diucapkan. Tak hanya berbicara, di dalam public speaking juga akan belajar tentang gestur tubuh.
 
Sobat Medcom juga akan belajar skill marketing dengan mengetahui sistem penjualan secara umum dan berlandaskan pada prinsip-prinsip pemasaran. Ada juga kemampuan riset, pengolahan data, keterampilan menganalisa, dan bersikap kritis.
 
Untuk yang lebih hard skill, Sobat Medcom akan belajar cara menulis berita yang baik, skill videografi, fotografi, hingga desain grafis. Sobat Medcom akan mendapat banyak ilmu baru yang akan berguna di masa depan. Tak hanya di dunia kerja, tetapi juga di kehidupan sehari-hari.

Tugas dan praktik

Tak hanya belajar teori, jurusan Ilmu Komunikasi juga terkenal dengan praktikum dan tugas yang seru. Lingkup praktikum cukup luas, mulai dari manajemen dan produksi televisi, radio, hingga media cetak.
 
Menjadi anak komunikasi artinya dituntut selalu kreatif. Hampir setiap mata kuliah mewajibkan menghasilkan ide-ide kreatif dalam waktu yang relatif singkat. Menulis berita, membuat film, mendesain sampul produk, dan sebagainya.
 
Sebagai contoh, Sobat Medcom bisa belajar mengenai proses produksi siaran televisi atau radio. Sobat Medcom akan belajar menjadi produser, kameramen, tim kreatif, reporter, floor director, hingga menjadi presenter. Ada juga mata kuliah Fotografi untuk belajar teknik-teknik mengambil gambar.
 
Selain itu, bisa juga ikut mempersiapkan beragam event. Sebagai mahasiswa akan dituntut menjadi perencana dan mengeksekusi event. Bentuknya juga beragam, bisa film pendek, program televisi, dan sebagainya.

Prospek kerja

Melihat bidang ilmu yang luas dan pesat perkembangan media di Indonesia, maka peluang karier bagi lulusan sangat terbuka lebar. Salah satu lapangan kerja utama bagi lulusan Komunikasi, adalah media, baik itu di media cetak, elektronik, atau online.
 
Tak hanya itu, hampir di semua perusahaan membutuhkan anak Komunikasi. Sobat Medcom bisa menjadi humas atau PR di perusahaan atau di pemerintahan, pengamat media, jurnalis, pengamat komunikasi politik, penulis, content creator, dan masih banyak lagi. Asal Sobat Medcom punya skill dan pengetahuan yang baik, dijamin tidak akan susah cari kerja.
 
Baca: Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Pilihan Paling Diminati Saat UTBK-SBMPTN
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(REN)
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan