Ilustrasi. Foto: Antara/Rahmad
Ilustrasi. Foto: Antara/Rahmad

Kemenag Terbitkan Tiga PMA Pesantren, Ini Penjelasannya

Pendidikan kementerian agama pesantren pondok pesantren RUU Pesantren
Arga sumantri • 22 Desember 2020 09:58
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan tiga Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang pesantren. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, Waryono Abdul Ghafur mengatakan, tiga regulasi ini merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.
 
"Alhamdulillah, setelah melalui proses panjang, akhirnya tiga PMA yang mengatur tentang pesantren bisa diterbitkan Kementerian Agama. Ketiga PMA ini telah ditandatangani oleh Menteri Agama Fachrul Razi pada 30 November 2020," kata Waryono melalui keterangan tertulis, Selasa, 22 Desember 2020.
 
Ketiga regulasi tersebut adalah PMA Nomor 30 tahun 2020 tentang Pendirian dan Penyelenggaraan Pesantren (diundangkan pada 3 Desember 2020), PMA Nomor 31 tahun 2020 tentang Pendidikan Pesantren (diundangkan pada 30 November 2020), dan PMA Nomor 32 tahun 2020 tentang Ma’had Aly (diundangkan pada 3 Desember 2020).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pembelajaran Daring di PTKIN Terus Dievaluasi
 
Menurut Waryono, penyusunan ketiga PMA ini telah melalui beberapa serial pembahasan, utamanya dengan kalangan pesantren dan ormas Islam. Selain itu, telah digelar juga tiga kali uji publik hingga akhirnya dilakukan harmonisasi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).
 
Ia menjelaskan, PMA tentang Pendirian Pesantren antara lain mengatur klasifikasi pesantren. Terdiri atas, pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk pengkajian kitab kuning, pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk Dirasah Islamiah dengan pola pendidikan Muallimin, atau pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk lain yang terintegrasi dengan pendidikan umum.
 
Ketiga jenis pesantren ini dapat didirikan oleh perorangan, yayasan, ormas Islam, atau masyarakat. Pendirian pesantren wajib berkomitmen mengamalkan nilai Islam rahmatan lil ‘alamin dan berdasarkan Pancasila, UUD 1945, NKRI, serta Bhinneka Tunggal Ika.
 
 
Halaman Selanjutnya
Hal lain yang harus dipenuhi…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif