Ilustrasi suasana Raker di Komisi X DPR. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia
Ilustrasi suasana Raker di Komisi X DPR. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia

Kemendikbud Kucurkan Rp8,9 Triliun untuk Pulsa dan Tunjangan Guru

Pendidikan guru Metode Pembelajaran Anggaran Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 27 Agustus 2020 12:22
Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendapatkan anggaran tambahan dari dana cadangan APBN 2020 sebesar Rp8,9 triliun. Dana itu bakal digunakan untuk memberikan subsidi pulsa dan membayar tunjangan profesi guru dan dosen.
 
"Kami sudah mendapat persetujuan anggaran sebesar Rp8,9 triliun untuk tahun ini," ujar Mendikbud, Nadiem Makarim dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI secara virtual, Kamis, 27 Agustus 2020.
 
Rinciannya adalah, anggaran untuk pulsa yang akan dikeluarkan sebesar Rp7,2 triliun, yakni setiap siswa akan mendapatkan 35 GB per bulan.  Sedangkan untuk guru akan mendapatkan 42 GB per bulan dan anggaran itu akan diserahkan kepada pihak sekolah dalam tiga hingga empat bulan ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan untuk tunjangan profesi guru dan dosen, pihaknya akan memberikan alokasi sebesar Rp 1,7 triliun. Menurut Nadiem, alokasi anggaran tersebut akan sangat membantu warga pendidikan dalam pembelajaran di tengah pandemi covid-19.
 
Baca juga:  Data Guru Honorer Penerima Subsidi Gaji Diusulkan Mengacu Dapodik
 
Nadiem pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah merealisasikan anggaran tersebut. Khusunya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang telah menyisihkan dana cadangan.
 
"Ini berkat kerja keras tim Kemendikbud dan juga kerja keras kementerian lainnya yang berkoordinasi untuk mendapatkan ini, apresiasi untuk Bu Menkeu dan tim eselon satu Kemenkeu yang telah bekerja keras untuk mengamankan anggaran ini dari dana cadangan kita," ujarnya.
 
Nadiem mengaku senang bisa memberikan kemudahan kepada para guru, dosen dan siswa. Sisanya dia akan meningkatkan kinerja agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal selama pandemi.
 
"Alhamdulillah perjuangan kita sudah ada hasil nyata tahun ini, tapi Saya tidak akan berhenti di sini, Saya akan berjuang lebih lagi, tapi sampai sekarang janji Saya bahwa pulsa untuk siswa dan mahasiswa alhamdulillah tercapai," jelas dia.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif