Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Unsika Sebut 30% Mahasiswa Baru Gratis Bayar 'Uang Pangkal'

Pendidikan Pendidikan Tinggi Biaya Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 11 September 2020 13:50
Jakarta: Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menyebut bakal memberikan keringanan Iuran Pembangunan Institusi (IPI). Sebelumnya #Unsikakenapasih menjadi topik populer di Twitter karena pihak kampus mematok biaya IPI hingga Rp45 Juta.
 
Kepala Pusat Kajian Humas dan Media Informasi Unsika, Dedi Pahroji mengatakan keringanan diberikan kepada mahasiswa baru yang lolos jalur mandiri. Bahkan, 30 persen di antara mahasiswa baru itu bisa gratis biaya IPI.
 
"Kemarin sudah disampaikan juga tentang IPI, calon mahasiswa yang lulus melalui tes jalur mandiri, (jika dia) orang Karawang, (itu ada kuota) 30 persen bebas atau gratis IPI," kata Dedi kepada Medcom.id, Jumat, 11 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan, 70 persen mahasiswa baru lainnya, tetap harus membayar IPI sesuai dengan ketentuan saat pendaftaran. Hal ini berlaku pula bagi mahasiswa baru asal Karawang maupun luar daerah.
 
Baca:Kemendikbud Ingatkan Unsika Agar Beri Relaksasi 'Uang Pangkal'
 
Kebijakan ini, kata dia, bagian skema subsidi silang antar mahasiswa. Sebanyak 70 persen mahasiswa yang memiliki kemampuan ekonomi untuk membayar IPI secara penuh, bakal menopang 30 persen mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi.
 
"Orang kaya berbayar (untuk) subsidi bagi yang tidak mampu. Ini juga untuk meningkatkan indikator kerja utama yang tidak semuanya dibantu pemerintah," terang Dedi.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif