Mendikbud, Muhadjir Effendy saat memimpin upacara Peringatan Hardiknas 2019 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Medcom.id/Intan Yunelia.
Mendikbud, Muhadjir Effendy saat memimpin upacara Peringatan Hardiknas 2019 di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Medcom.id/Intan Yunelia.

Pemerintah Siapkan Tiga Peta Jalan Pemajuan Pendidikan

Pendidikan hardiknas
Intan Yunelia • 02 Mei 2019 12:49
Jakarta: Pemerintah telah merancang tiga peta jalan (roadmap) pemajuan pendidikan nasional, khususnya penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).Roadmap tersebut sesuai dengan target pemerintahan Presiden Joko Widodo yang akan fokus pada pembangunan SDM di lima tahun ke depan.
 
"Ada tiga rencana peta jalan, yaitu penguatan di bidang anak usia dini, penguatan bidang pembentukan karakter untuk jenjang pendidikan dasar, kemudian menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan dan kecakapan untuk memasuki dunia kerja," kata Muhadjir usai Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.
 
Menurut Muhadjir, peta jalan ini sudah sesuai dengan arahan presiden Joko Widodo (Jokowi). Seperti diketahui, saat ini adalah masa transisi fokus pendidikan, dari penguatan sektor insfrastruktur menuju penguatan aspek sumber daya manusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Presiden Jokowi mengarahkan, secara bertahap perhatian pemerintah fokusnya akan beringsut dari pembangunan infrastruktur kepada pembangunan sumber daya manusia (SDM)," ujar Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.
 
Baca:Hardiknas Jadi Momen Pemerataan Pendidikan
 
Pembangunan SDM bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemendikbud. Perlu sinergitas antarkementerian dan lembaga. Mereka diminta segera mengalihkan perhatian fokus pembangunan SDM di sektor pendidikan.
 
"Untuk pembangunan SDM di sektor pendidikan. tentu saja Kemendikbud akan menjadi salah satu sektor utama yang memainkan peranan dalam pengembangan SDM," tutur Muhadjir.
 
Prioritas peta jalan pemajuan pendidikan dan penguatan SDM itu juga nantinya akan menyasar pada daerah Tertinggal, Terdepan Terluar (3T). Sehingga tujuan pemerintah memeratakan kualitas pendidikan di semua daerah bisa terlaksana secepatnya.
 
"Sehingga harus diketahui, semakin sedikit sisa masalah itu bukan berarti makin mudah tapi akan akan semakin sulit," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif