Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ANT/Galih Pradipta.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ANT/Galih Pradipta.

Hardiknas Jadi Momen Pemerataan Pendidikan

Pendidikan hardiknas
Nur Azizah • 02 Mei 2019 10:44
Jakarta: Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei jadi momen penting kemajuan pendidikan Indonesia. Hardiknas harus dijadikan momen evaluasi dan pemerataan pendidikan Indonesia.
 
Pidato Menteri Pendidikan Muhajir Effendi yang dibacakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pendidikan saat ini masih dihadapkan dengan berbagai masalah. Salah satunya tenaga pendidikan.
 
"Kita juga masih sering menjumpai kasus-kasus yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan, betapa pemerintah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan paradigma pendidikan," kata Anies dalam sambutannya di Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: UN Jadi Alat Diagnosa 'Penyakit' di Setiap Sekolah
 
Ia menyampaikan 63 persen anggaran pendidikan dikelola pemerintah daerah. Pemda harus lebih aktif memanfaatkan dana APBN baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).
 
"Pemanfaatan itu juga harus memerhatikan kualitas program-program prioritas, serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20 persen," kata dia.
 
Anies menilai hal itu membuat pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan sumber daya manusia berkualitas akan berjalan optimal. Pemerintah mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan" dalam peringatan Hardiknas 2019.
 
Tema ini mencerminkan pesan Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan kebudayaan. Ini dinilai penting guna menghasilkan sumber daya manusia berkualitas.
 
"Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja," ujar dia.
 
Baca: 51 Sekolah di Semarang Numpang UNBK
 
Anies menjelaskan pendidikan karakter bertujuan membentuk generasi muda yang berakhlak mulia. Selain itu, generasi muda Indonesia harus mengenal sopan santun, tanggung jawab, dan budi pekerti luhur.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif