Ilustrasi bidan. Freepik
Ilustrasi bidan. Freepik

Segini Besaran Gaji Bidan, Sepadan dengan Tugas?

Pendidikan pendidikan karier Pendidikan Profesi Bidan
Medcom • 06 Mei 2022 13:39
Jakarta: Bidan merupakan salah satu profesi yang didambakan banyak orang. Bukan tanpa sebab, tugasnya yang membantu persalinan seorang ibu dianggap mulia, sehingga kerap dikonstruksikan positif di tatanan sosial Indonesia.
 
Berbicara tentang tugas, seorang bidan tak cuma bertanggung jawab ketika persalinan. Profesi ini bertugas merawat dan mendampingi seorang ibu, baik dari sebelum, selama, bahkan sesudah masa kehamilan.
 
Tugas tersebut meliputi asuhan kebidanan semasa nifas, pertolongan pertama kegawatdaruratan, dan asuhan pascakeguguran. Selain melayani ibu hamil, bidan bertugas memberikan asuhan kebidanan pada bayi, balita, dan anak prasekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang bidan juga berperan memberikan pelayanan kesehatan reproduksi perempuan. Termasuk, pelayanan kontrasepsi yang mencakup komunikasi, informasi, edukasi, dan konseling.
 
Mengingat tugas seorang bidan berkaitan dengan nyawa seseorang, tak sedikit yang mempertanyakan besaran gaji profesi tersebut. Apakah sepadan dengan beratnya tanggung jawab yang diemban?

Besaran gaji bidan

Dikutip dari Gokampus, bidan yang bekerja di lembaga medis swasta umumnya digaji lebih tinggi ketimbang di lembaga medis pemerintah. Meski begitu, kisaran harga tak berbeda jauh.
 
Gaji bidan pemula beriksar Rp1,8 juta hingga Rp5 juta. Jumlah tersebut belum termasuk tunjangan atau bonus, seperti bonus operasi, uang makan, uang transportasi, dan sebagainya.
 
Adapun besaran gaji pokok menyesuaikan daerah tempat bidan berpraktik. Rentang gaji yang disebutkan tadi mengacu pada Upah Minimum Provinsi (UMP) tertinggi dan terendah di Indonesia.
 
UMP tertinggi di Indonesia pada 2022 adalah DKI Jakarta, yakni mencapai Rp4.453.935. Sedangkan, UMP terendah di Indonesia pada 2022 adalah Provinsi Jawa Tengah hanya Rp1.813.011.
 
Besaran gaji pokok itu belum termasuk Upah Minimum Regional (UMR) setiap provinsi yang juga berbeda-beda. Dengan demikian, gaji total seorang bidan diperkirakan lebih besar dari Rp5 juta.
 
Demikianlah sekilas informasi mengenai besaran gaji bidan. Jika Sobat Medcom ingin menjadi bidan, usahakan jangan hanya mementingkan imbalan yang diperoleh.
 
Pastikan Sobat Medcom memiliki passion untuk membantu sesama. Sebab, tanggung jawab profesi tersebut menyangkut nyawa seseorang. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Kupas Tuntas Profesi Bidan: Tugas, Kode Etik, dan Pendidikan
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif