Anggota Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah, Itje Chodidjah, Medcom.id/Intan Yunelia.
Anggota Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah, Itje Chodidjah, Medcom.id/Intan Yunelia.

Sistem Zonasi, Perbaikan Guru Harus Super Serius

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2019
Intan Yunelia • 19 Juni 2019 17:16
Jakarta: Pemerintah dituntut mengevaluasi dan memperbaiki sistem zonasi yang masih ditemukan banyak masalah di sejumlah daerah. Seharusnya, perlu ada perbaikan kualitas dan redistribusi tenaga guru sebelum sistem zonasi diterapkan secara masif dan nasional.
 
"Saran saya adalah membenahi super serius pada penguatan kualitas guru, karena pada akhirnya sekolah itu kualitas si anak ditentukan oleh kualitas proses pemerataan di kelas dan proses pembelajaran di kelas," kata Anggota Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah, Itje Chodidjah saat Konferensi Pers mengenai PPDB, di Kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019.
 
Pemerintah seharusnya fokus pada percepatan penyelenggaraan proses peningkatan pendidikan. Jika ini sudah diperbaiki, niscaya penerapan sistem zonasi khususnya di PPDB tak menemui kendala seperti saat sekarang ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Proses pembelajaran di kelas ditentukan oleh guru dan guru yang berkualitas ditentukan oleh kualitas kepala sekolah," ujar Itje.
 
Baca:Mendikbud Sesalkan Orangtua Antre dan Menginap di Sekolah
 
Pemerhati pendidikan ini juga menambahkan, bahwa beberapa tahun belakangan ini pemerintah hanya lebih memfokuskan terhadap pembaruan kurikulum di sekolah. Padahal ketersediaan guru yang berkualitas dengan kurikulum menjadi satu kesatuan dan sejalan.
 
"Kurikulum itu penting, karena sebagai rujukan guru untuk menyelenggarakan proses pendidikan. Tapi kualitas yang membawa kurikulum ini ke kelas ini harus menjadi perhatian utama," tutup Itje.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif