Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Nizam. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Nizam. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Kemendikbudristek Ungkap Tiga Peran Teknologi untuk Pendidikan di Tengah Pandemi

Ilham Pratama Putra • 10 Agustus 2022 19:01
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melihat tiga peran besar teknologi di dunia pendidikan saat pandemi covid-19. Ketiga peran tersebut, yakni sebagai enabler atau pengaktif, empower atau pemberdaya, dan transformer atau transformasi.
 
"Selama pandemi ini kan kita betul-betul menyadari dan merasakan teknologi itu menjadi enabler. Memungkinkan kita melakukan sesuatu yang tadinya tidak terbayang," ujar Plt Dirjen Diktiristek, Kemendikbudristek, Nizam, dalam Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2022 secara daring, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Dia menyebut teknologi juga dapat memberdayakan seseorang. Nizam mencontohkan guru yang tadinya tidak memiliki akses ke sumber belajar yang bagus dengan teknologi bisa memiliki akses lebih baik.
 
Lalu, teknologi juga bisa mentransformasi anak murid, mahasiswa, guru, dan dosen. Tentunya, untuk menghadirkan masa depan generasi muda yang lebih baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selama pandemi ini juga kita melihat bagaimana kesadaran kita, kita juga tidak boleh hanya menjadi pengguna teknologi. Kita juga harus menjadi bagian dari pencipta teknologi. Inilah yang sedang kita dorong secara serius," papar Nizam.
 
Nizam menyebut selama pandemi pula energi kreatif luar biasa dari kampus, baik universitas maupun politeknik. Kampus memiliki energi yang baik dalam berkolaborasi dan energi mewujudkan teknologi terkini.
 
"Inilah saya rasa menjadi kunci paling penting untuk kita membangun ke depannya. Ketika kita menyadari pentingnya teknologi, pada saat yang sama kita juga menyadari pentingnya menjadi bagian untuk mencipta teknologi," jelas dia.
 
Baca juga: Kemendikbudristek Ingin Masalah Pendidikan Diselesaikan Lewat Pendekatan Teknologi

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif