Kampus Unpad. Foto: Unpad/Humas
Kampus Unpad. Foto: Unpad/Humas

Unpad Kampus Terbaik ke-4 di Indonesia Versi THE Impact Rankings 2022

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi Unpad Perguruan Tinggi Perguruan tinggi terbaik Perguruan tinggi terbaik di Indonesia Times Higher Education World University Ranking THE University Impact Rankings
Citra Larasati • 28 April 2022 13:33
Jakarta:  Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih peningkatan signifikan pada pemeringkatan Times Higher Education atau THE University Impact Rankings 2022 yang dirilis Rabu, 27 April 2022 waktu Inggris. Pada pemeringkatan tersebut, Unpad berada pada peringkat 101-200 dunia dan menduduki peringkat ke-4 secara nasional.
 
Pemeringkatan THE University Impact Rankings 2022 merupakan penilaian aktivitas tridarma perguruan tinggi terhadap 17 indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pemeringkatan ini juga menilai bagaimana pengaruh yang dihasilkan perguruan tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat.
 
Tahun ini, Unpad berhasil mengembalikan posisi pencapaian pada 2020, yaitu peringkat 101-200 dunia dan peringkat ke-4 nasional, setelah mengalami penurunan peringkat pada 2021. Ada empat indikator SDGs yang dinilai baik oleh THE, yaitu Life Below Water (SDGs 14) dengan skor 84,1; Life on Land (SDGs 15) dengan skor 81,9, Sustainable Cities and Communities (SDGs 11) dengan skor 69.2-78,6, serta Partnership for the Goals (SDGs 17) dengan skor 83,1-90,6.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rektor Unpad, Rina Indiastuti mengatakan, peningkatan peringkat Unpad pada THE Impact Rankings merupakan upaya luar biasa. Peningkatan ini menunjukkan bahwa Unpad memiliki kekuatan melakukan aktivitas tridarma sebagai upaya pencapaian SDGs.
 
Beberapa aspek yang sudah dilakukan Unpad di antaranya memperkuat riset tentang SDGs hingga penguatan SDGs Center sebagai pusat unggulan yang berfokus pada studi kebijakan dengan orientasi pada tujuan global SDGs. “Selain itu, mahasiswa tanpa disadari telah banyak melakukan kegiatan yang mendukung pilar SDGs,” kata Rina dalam siaran persnya, Kamis, 28 April 2022.
 
Rektor melanjutkan, berdasarkan hasil penialaian indikator di THE, kemitraan menjadi aspek penting dalam mewujudkan pencapaian SDGs. Kolaborasi yang baik dengan mitra daerah, nasional, hingga internasional sangat berpengaruh dalam penilaian di THE Impact Rankings.
 
Di sisi lain, kemitraan yang dilakukan juga dapat menghasilkan beragam rekomendasi kebijakan di bidang pencapaian SDGs. Seluruh upaya yang dilakukan, mulai dari riset, inovasi, dan kemitraan akan mendorong Unpad semakin bermanfaat dan mendunia.
 
Baca juga:  Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Unpad Masuk 100 Terbaik Asia Versi SCImago
 
Karena itu, Rektor menilai perguruan tinggi berperan penting dalam pencapaian SDGs. Kepedulian perguruan tinggi dalam menangani permasalahan sosial melalui pemikiran dan inovasi riset sangat diperlukan.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif