Peta peradaban India Kuno. DOK Zenius
Peta peradaban India Kuno. DOK Zenius

Mengenal India Kuno, Peradaban Awal dalam Sejarah Peradaban Dunia

Medcom • 16 Maret 2022 18:32
Jakarta: Berbicara tentang peradaban dunia, tentu tak terlepas dari eksistensi India Kuno. Salah satu peradaban awal dalam sejarah peradaban dunia ini terletak di lembah antara Sungai Indus dan Gangga.
 
Melansir laman Zenius, India Kuno pertama kali ditaklukkan pemimpin Yunani bernama Aleksander Agung pada abad ke-326 SM. Inilah sebabnya penamaan India secara etimologi berasal dari bahasa Yunani. Lebih tepatnya, dari nama Sungai Sindhu atau Indus dalam bahasa Yunani yang telah digunakan sejak abad ke-4 SM.
 
Pusat peradaban India Kuno dipercaya berada di Kota Mohenjodaro dan Harappa. Hal ini terbukti dari penemuan reruntuhan bangunan di daerah tersebut. Temuan ini mengindikasikan India Kuno memiliki tatanan kota modern dan sistem pemerintahan teratur, maju, serta makmur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan peninggalan itu pula, masyarakat India Kuno diduga menekuni bidang agraris, perdagangan, dan peternakan. Mereka diyakini bermata pencaharian sebagai petani gandum, jelay, atau barley—sejenis sereal anggota padi-padian—serta beternak sapi Zebu. Adapun di sektor perdagangan, masyarakat India Kuno melakukan kegiatan jual-beli dengan orang Mesopotamia.
 
Selain puing-puing, peradaban India Kuno juga meninggalkan barang berupa aksara dan pernak-pernik ala perundagian, seperti kalung atau patung. Temuan ini menandakan India Kuno eksis pada zaman logam.
 
Masih berdasarkan temuan patung, peradaban India Kuno diyakini menganut kepercayaan politeisme, yaitu mengakui adanya lebih dari satu Tuhan. Dengan kata lain, mereka menyembah banyak dewa yang disertai pemujaan atau ritual berupa acara keagamaan.
 
Demikianlah sekilas pembahasan mengenai India Kuno, salah satu peradaban awal dalam sejarah peradaban dunia. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Sejarah Kerajaan Kediri, Cikal Bakal Lahirnya Kerajaan Singasari
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif