Pendidikan. Ilustrasi: Medcom.id.
Pendidikan. Ilustrasi: Medcom.id.

DKI Abaikan Aturan Zonasi

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2019
Nur Azizah • 25 Juni 2019 11:57
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dianggap tak patuh dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Regulasi ini mengatur soal kuota zonasi.
 
Kepala Divisi Pendidikan Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya Rully Amirullah mengatakan permendikbud telah mengatur kuota untuk jalur zonasi 90 persen. Namun, DKI Jakarta hanya memberikan kuota zonasi 70 persen.
 
"Pada prinsipnya dari aturan mereka, pergub (peraturan gubernur DKI) dengan juknis (petunjuk teknis) itu tidak sesuai dengan Permen 51," kata Rully saat dihubungi, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya DKI, Pemprov Jawa Barat (Jabar) juga tak mematuhi Permen 51. Meski menerapkan kuota jalur zonasi 90 persen, jumlah itu terbagi dalam zonasi murni, jalur keluarga ekonomi tidak mampu (KETM), anak berkebutuhan khusus (ABK), dan jalur kombinasi antara jarak dengan nilai.
 
Pasal 41 Permendikbud 51 menyebutkan bila tak menjalankan aturan, pemerintah daerah akan dikenakan sanksi melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun, baik DKI maupun Jabar berdalih tak dilibatkan penyusunan aturan.
 
"Menurut versi mereka ketika pembuatan Permen 51 mereka enggak diundang atau diajak bicara. Tapi, sebenarnya Tanggal 10 Mei 2019 Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) sempat mengumpulkan Disdik (Dinas Pendidikan) DKI, Jabar, Depok, dan Bekasi," ungkap dia.
 
Baca: Mendikbud Diminta Lebih Gencar Menyosialisasikan Sistem Zonasi
 
Sementara itu, pendaftaran PPDB tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA/K) sudah dimulai sejak kemarin. Pendaftaran akan berlangsung hingga hari ini pukul 14.00 WIB.
 
Pengumuman lolos atau tidak juga akan dilakukan hari ini sekitar pukul 17.00 WIB. Selanjutnya, pada Kamis, 27 Juni 2019, hingga Jumat, 28 Juni 2019, siswa yang lolos diwajibkan melaporkan diri ke sekolah yang dituju.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif