Nomor: 8580/UN1.P.IV/SDM/PR/2021 tentang Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Non PNS di Lingkungan UGM Tahun 2021.
Masa pendaftaran dibuka sejak 17 Agustus-17 September 2021. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para pelamar. Berikut syarat dan tata cara pendaftaran:
Persyaratan Umum
1. Berkewarganegaraan Indonesia2. Berusia maksimal 35 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 November 2021 untuk pelamar dengan kualifikasi pendidikan Magister/ Spesialis 1 dan berusia maksimal 50 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 November 2021 untuk pelamar dengan kualifikasi Pendidikan Doktor/ Spesialis 2.
3. Memiliki kemampuan manajerial yang baik di bidang akademik dan sosial;
4. Memiliki pendidikan paling rendah Magister/Spesialis 1 atau yang setara dari perguruan tinggi dalam negeri terkemuka (terakreditasi A) atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudaayaan, Riset, dan Teknologi
5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 minimal 3.00 (skala nilai 0-4);
6. Sehat jasmani, sehat rohani, dan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya
7. Tidak pernah melakukan tindak pidana;
8. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat;
9. Tidak terikat hubungan kerja dengan institusi/perguruan tinggi lainnya pada waktu dinyatakan diterima;
10. Mendapat rekomendasi dari 2 (dua) orang Dosen;
11. Satu peserta hanya dapat mendaftar pada satu formasi;
12. Persyaratan umum berubah jika diatur khusus dalam persyaratan tambahan.
Baca: 20 Ribu Mahasiswa Ikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 2
Persyaratan Khusus untuk Kualifikasi Pendidikan Magister/Spesialis
1. Memiliki skor TOEFL resmi ETS dengan nilai minimal 500 (PBT), 173 (CBT), 61(IBT), atau IELTS minimal 6, atau AcEPT minimal 268; atau memiliki kemampuan bahasa asing yang linier dengan kebutuhan program studi dan termasuk dalam bahasa resmi Persatuan Bangsa Bangsa yang setara dengan skor TOEFL 500 (PBT) yang masih berlaku pada saat pendaftaran (maksimal 2 tahun sejak sertifikat dikeluarkan).Bagi lulusan perguruan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar tidak dipersyaratkan TOEFL (melampirkan surat keterangan).
2. Memiliki nilai Tes Potensi Akademik yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku pada saat pendaftaran (maksimal 2 tahun sejak sertifikat dikeluarkan):
a. Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) yang diselenggarakan oleh UGM dengan skor minimal 550
b. Tes Kompetensi Dasar Akademik (TKDA) yang diselenggarakan oleh UNPAD, UI, UNAIR, BAPPENAS, atau PLTI (HIMPSI) dengan skor minimal 550; atau
c. Graduate Record Examination (GRE) / Graduate Management Admission Test (GMAT)/ Scholastic Assessment Test (SAT)/ Cognitive Abilities Test (CogAT)/ Law School Admission Test (LSAT) dengan skor minimal setara dengan skor PAPs/TKDA 550
3. Membuat surat pernyataan kesanggupan apabila diterima dan diangkat menjadi Dosen Tetap UGM segera melanjutkan studi Doktor/ Spesialis 2 maksimal 3 (tiga) tahun sejak diangkat menjadi Dosen Tetap.
Persyaratan Khusus untuk Kualifikasi Pendidikan Doktor/Spesialis 2
Pelamar yang sedang menempuh program S3 tanpa melalui S2 (tidak memiliki ijazah S2) dapat mengikuti proses seleksi dengan ketentuan jika dinyatakan lulus seleksi, baru bisa diangkat menjadi Dosen Tetap setelah lulus S3 maksimal 3 (tiga) tahun terhitung sejak dinyatakan lulus seleksi.Baca: PSSI Gandeng 7 Kampus Terkait Beasiswa Atlet Hingga Sport Science
Tata Cara Pendaftaran
1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui sistem informasi di laman https://rekrutmen.sdm.ugm.ac.id/ sistem dibuka pada tanggal 17 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB dan ditutup pada tanggal 17 September 2021 pukul 23.59 WIB2. Ikuti langkah serta petunjuk pendaftaran dalam sistem
3. Melengkapi berkas pendukung berikut ini dengan mengunggah melalui sistem:
a. Surat lamaran ditujukan kepada Rektor Universitas Gadjah Mada;
b. Scan identitas diri (KTP atau Kartu Keluarga);
c. Pas foto berwarna dengan ketentuan menghadap ke depan, wajah terlihat jelas, berpakaian formal, latar belakang warna putih;
d. Scan Ijazah asli S1, S2, dan S3. Bagi pelamar yang tinggal menunggu wisuda, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL)
e. Scan Transkrip asli S1, S2, dan S3 (bila ada). Bagi pelamar yang tinggal menunggu wisuda, dapat menggunakan transkrip sementara
f. Scan Surat Keterangan sedang menempuh S3 dari pejabat yang berwenang, bagi pelamar yang sedang menempuh S3 tanpa melalui S2 (tidak memiliki ijazah S2)
g. Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri, Scan SK Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau bukti telah mengajukan penyetaraan ijazah ke Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan/atau bukti lain yang menunjukkan kualitas institusi pendidikan tinggi dimaksud (Akreditasi Internasional, Ranking, dsb);
h. Scan bukti akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi (bagi Perguruan Tinggi Dalam Negeri)
i. Daftar Riwayat hidup (sesuai format yang disediakan);
j. Scan sertifikat TOEFL/IELTS/AcEPT asli yang masih berlaku;
k. Scan sertifikat TPA/PAPs/GRE/GMAT/SAT/CogAT/LSAT asli yang masih berlaku;
l. Scan surat keterangan sehat jasmani dan sehat rohani yang masih berlaku (maksimal 6 (enam) bulan sejak surat keterangan dikeluarkan) dari dokter di Rumah Sakit;
m. Scan surat pernyataan di atas materai tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, tidak pernah melakukan tindakan pidana yang diancam dengan hukuman penjara, tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat, dan bersedia mengikuti ketentuan proses rekrutmen di Universitas Gadjah Mada (sesuai format yang disediakan)
n. Scan surat pernyataan di atas materai bagi pelamar kualifikasi pendidikan S2, apabila diterima dan diangkat menjadi Dosen Tetap UGM maksimal setelah 3 (tiga) tahun sejak pengangkatan sudah harus melanjutkan studi S3 (sesuai format yang disediakan); Dokumen ini telah ditandatangani secara elektronik menggunakan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh BSrE. 3
o. Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang Dosen dengan mencantumkan instansi dan kontak yang bisa dihubungi (sesuai format yang disediakan);
p. Dokumen tambahan sesuai persyaratan pada formasi yang dilamar.
Baca: Masuk ITB di Usia 16 Tahun, Mahasiswa Termuda Ini 2 Kali Akselerasi di Sekolah
Rencana Jadwal Pelaksanaan
1. Pengumuman rekrutmen dan pendaftaran online 17 Agustus – 17 September 20212. Seleksi Administrasi online 20 September – 1 Oktober 2021
3. Asesmen Psikologi (Psikotest) online 26 – 27 Oktober 2021
4. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) online 1 – 2 November 2021
5. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) online 3 – 10 November 2021
6. Pengumuman akhir dan pemberkasan Desember 2021
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News