Sekjen Kemendikbudristek Suharti. Tangkapan layar. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Sekjen Kemendikbudristek Suharti. Tangkapan layar. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Kemendikbudristek: Dana PIP Sudah Tersalurkan 100% ke Rekening Siswa

Pendidikan Kebijakan pendidikan Bantuan Pendidikan Anggaran Pendidikan Program Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 02 Desember 2021 12:08
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyalurkan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada seluruh siswa di seluruh jenjang. Mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.
 
Pada tahun ini, terdapat 17.927.308 siswa yang mendapat alokasi dana bantuan PIP. Per 1 Desember 2021, dana disebut telah masuk ke rekening siswa.
 
"Tahun ini per hari ini sudah 100 persen di rekening siswa," ujar Sekjen Kemendikbudristek, Suharti dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Rabu, 1 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, belum seluruh siswa mencairkan dana tersebut. Suharti menyebut setidaknya 19 persen siswa belum mencairkan dana bantuan PIP.
 
Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan bank penyalur untuk mempermudah proses pencairan. Pihak sekolah pun diminta bekerja sama untuk memberi informasi kepada siswa terkait dana tersebut.
 
Baca: Nadiem Sebut Bakal Ada SKB 4 Menteri Baru untuk PTM Terbatas
 
"Toh kalau masih ada yang belum sampai ke siswa ini yang kita kejar terus bersama dengan bank penyalur ini yang kita dorong terus, supaya sekolah-sekolah menyampaikan informasinya ke siswa," terangnya.
 
Saat ini kata dia, dana bantuan PIP memang langsung masuk ke rekening siswa. Siswa tak perlu mengaktifkan rekeningnya untuk menerima dana bantuan PIP.
 
Suharti menyebut penyaluran dana bantuan PIP tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Sebab pada 2020, 25 persen siswa malah tak menerima dana bantuan PIP.
 
"Untuk tahun lalu sampai 31 Desember ada 25 persen yang belum sampai ke siswa (dana PIP). Jadi sampai akhir tahun ini, jauh lebh baik dari tahun sebelumnya," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif