Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko saat memaparkan Capaian Penting LIPI di Tahun 2018, Medcom.id/Intan Yunelia.
Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko saat memaparkan Capaian Penting LIPI di Tahun 2018, Medcom.id/Intan Yunelia.

Empat Tahun Terakhir Hak Paten LIPI Melesat

Pendidikan Riset dan Penelitian
Intan Yunelia • 19 Desember 2018 12:21
Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyampaikan kinerjanya sepanjang 2018. Dalam empat tahun terakhir jumlah hak paten LIPI meningkat sebanyak 493 hak paten yang sudah terakumulasi hingga Desember 2018.

"Jumlah paten LIPI meningkat, 493 paten dalam empat tahun terakhir. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dalam 23 tahun lalu yang hanya menghasilkan 367 hak paten saja," ujar Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko saat memaparkan Capaian Penting LIPI di Tahun 2018, di Auditorium LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 19 Desember 2018.

Baca: Kebutuhan Kampus Baru di Daerah Masih Tinggi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Selain itu, 28 hak cipta hasil riset berhasil diperoleh. Hal tersebut menurut Handoko merupakan hasil yang cukup memuaskan dibanding tahun-tahun yang lalu. "Hak cipta yang berhasil diperoleh lebih baik dibanding perolehan selama 19 tahun dari tahun 1995-2014 yang hanya menghasilkan 26 hak cipta," papar Handoko.

Sementara itu, dari segi publikasi LIPI berada pada peringkat pertama dalam Webometrics dikategori website lembaga penelitian di Indonesia. Untuk tingkat regional Asia Tenggara, LIPI berada dalam peringkat keempat.

"Sedangkan untuk peringkat global LIPI berada di peringkst 563," pungkas Handoko.


(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi